Home ::: Berita Perpustakaan ::: 19 Tokoh Literasi Dunia Terima Penghargaan di Beijing International Book Fair 2016

19 Tokoh Literasi Dunia Terima Penghargaan di Beijing International Book Fair 2016

19 Tokoh Literasi Dunia Terima Penghargaan di Beijing International Book Fair 2016.

Dunia Perpustakaan | Beijing International Book Fair 2016 resmi dibuka di gedung Great Hall of the People atau Balai Agung Rakyat di penghujung barat Lapangan Tiananmen, Beijing. Sebelum peresmian, ada 19 penulis dunia yang menerima ‘The Spesial Book Award of China’.

Penghargaan yang sudah berlangsung sejak 2005 ini memberikan penghormatan kepada penerbit, penulis, penerjemah, penggiat literasi, maupun sosok yang berjasa di bidang perkembangan sastra Tiongkok.

Penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Tiongkok tersebut menempatkan nama-nama beken yang berjasa di literasi. Sudah digelar ke-9 kalinya, sampai sekarang penghargaan sudah mendapatkan 69 pemenang dari 32 negara.

Berikut merupakan 19 pemenang penghargaan dikutip dari detikHot [24/8/16],

  1. Patricia Aldana dari penerbit Kanada,
  2. Leon Vandermeersch ahli kebudayaan Tiongkok ,
  3. Profesor Universitas Leiden Johan Leonard Blusse van Oud Alblas ahli kebudayaan Tiongkok,
  4. Kim Tae-Sung penerjemah asal Korea ,
  5. Peteris Pildegovics asal Latvia,
  6. Tun Tint penerjemah asal Myanmar ,
  7. Duncan M.Campbell dari Selandia Baru,
  8. Onunaiju Charles penulis Nigeria ,
  9. Guillermo Danino Ribatto [penerjemah] ,
  10. Romania Constantin Lupeanu [penerbit] ,
  11. Mercedes Calero Barreal dari Spanyol,
  12. Cecilia Lindqvist,
  13. Nguyen Vinh Quang,
  14. Suzanne BeDell.

Sedangkan di kategori ‘for young scholars’ ada nama,

  1. penerjemah Czech Zuzana Li,
  2. Hassanein Fahmy Hussein dari Mesir,
  3. Marine Jibladze asal Georgia,
  4. Ali Almatrafy dari Arab Saudi, dan
  5. Giry Fidan asal Turki.

Mereka meraih kehormatan yang diwakilkan dari pemerintah sekaligus Wakil Perdana Menteri Tiongkok dan anggota CPC Politburo Liu Yandong. Penterjemah Zuzana Li yang hadir di malam penghargaan pada Selasa (23/8), mengatakan dengan penerjemahan yang baik dan berkualitas bisa menyampaikan apa yang tertulis di dalam buku.

“Terjemahan tidak hanya mengubah bahasa, tapi menyambungkan pesan yang tertulis. Penghargaan dari pemerintah Tiongkok ini adalah penghargaan bagi karier saya,” katanya di Balai Agung Rakyat.

Zuzana Li telah menerjemahkan dan mempromosikan literasi Tiongkok dan kontemporer ke dalam bahasa Czech selama puluhan tahun. Di antaranya adalah buku ‘A History of Art in Twentieth-Century China’, ‘Selected Stories of Ethnic Groups in China’, dan ‘Wolf Totem’.

Usai malam penganugerahaan, dilanjutkan dengan pidato dari tamu kehormatan Beijing International Book Fair 2016. Negara-negara dari Eropa Timur dan Tengah merupakan guest of honour kali ini, yakni Albania, Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kroasia, Estonia, Latvia, Hungaria, Czech, Polandia, Montenegro, Macedonia, Lithuania, Romania, Serbia, Slovakia,dan Slovenia.

Ada tiga negara perwakilan yang memberikan sambutan yaitu Hungaria, Polandia, dan Romania. Suksesnya malam penganugerahaan sekaligus membuka pameran buku terbesar di Asia dan ketiga di dunia ini. BIBF 2016 diselenggarakan di China International Convention Center, distrik Shunyi, Beijing, mulai hari ini sampai 28 Agustus mendatang pada pukul 09.00-18.00 waktu setempat.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Purwakarta Siapkan Perpustakaan Keliling di Setiap Desa

Purwakarta Siapkan Perpustakaan Keliling di Setiap Desa! Dunia Perpustakaan | Satu lagi sosok di negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *