Tuesday , 29 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » News » SEMINAR NASIONAL: Sertifikasi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Sekolah Kedinasan

SEMINAR NASIONAL: Sertifikasi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Sekolah Kedinasan

DuniaPerpustakaaN.Com — Jika ada yang mengatakan bahwa acara Seminar hanya dianggap sebuah ceremonial semata tanpa hasil nyata itu hak mereka. Namun sebenarnya semua tergantung dari para penyelenggara dan lebih mendasar lagi adalah INDIVIDU masing-masing peserta Seminar itu sendiri. Ada banyak tokoh literasi yang sudah di kenal di dunia literasi seperti Eko dan Ibu Kiswanti, keduanya mungkin tidak pernah mengenyam pendidikan perpustakaan tapi KARYA dan KEAHLIAN serta PENGABDIANya di dunia literasi sangat luar biasa.

Sedangkan disisi yang lain, banyak orang memiliki gelar yang panjang dan mungkin puluhan sertifikat seminar tentang perpustakaan dia miliki, Namun belum menjamin mereka bisa melakukan seperti yang di lakukan oleh Eko dan Ibu Kiswanti.

Dari kedua hal contoh diatas sangat jelas bahwa semua kembali ke INDIVIDU masing-masing. Kalaupun tidak memiliki pendidikan perpustakaan tapi karena memiliki NIAT, KETULUSAN, dan PENGABDIAN untuk memajukan dunia literasi di masyarakat, maka mereka menuai hasil.

Namun berderet gelar dan puluhan sertifikat tentang perpustakaan di miliki, kalau mentalnya memang mental “BURUK”, itu semua tidak akan merubah dirinya menjadi baik. Padahal logikanya mereka yang berpendidikan tinggi dan memiliki banyak sertifikat tentang perpustakaan seharusnya melakukan lebih banyak lagi prestasi dalam dunia perpustakaan. Lagi-lagi semua kembali ke INDIVIDU masing-masing.

Berikut saya informasikan terbaru tentang Seminar Nasional yang saya kutip langsung dari pengurus ATPUSI PUSAT (11/5/2011). Mari jadikan setiap acara seminar menjadi media untuk meningkatkan SDM dan mutu dari para pustakawan dan bukan hanya sebatas ceremonial apalagi hanya mencari keuntungan.

Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) akan menyelenggarakan : SEMINAR NASIONAL
” Sertifikasi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Sekolah Kedinasan”.

Seminar ini akan menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi, pemerintah, anggota DPR dan anggota komunitas perpustakaan sekolah Indonesia. Tema diatas dipilih untuk merespon masalah-masalah hangat yang dihadapi tenaga perpustakaan sekolah di Indonesia dan mencoba untuk mewacanakan alternatif strategi dan solusi bagi pemecahan masalah tersebut.

Berikut susunan acaranya :

  • 07.30 – 08.00 Daftar Ulang
  • 08.00 – 08.40 Pembukaan dan Keynote Speaker: ” Tindaklanjut Permen 25 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Tenaga Perpustakaan Sekolah”  oleh Surya Dharma, Ph.D (Direktur Tenaga Kependidikan Kemendiknas RI)
  • 08.40-09.00 Break
  • 09.00-13.00 Seminar Sesi I:
  1. Menggagas sekolah kedinasan bagi tenaga perpustakaan sekolah dalam mencapai standar kompetensi oleh Muhamad Ihsanudin, M.Hum (Ketua Umum ATPUSI)
  2. Strategi Program Studi Ilmu Perpustakaan dalam menyiapakn tenaga perpustakaan dan meningkatkan profesionalitasnya oleh Dra. Arifah Bintarti, M.Si (Ketua Program Studi Ilmu Perpustakaan UT)
  3. Kesiapan Perguruan Tinggi dalam mendidik tenaga perpustakaan sekolah oleh Dr. Yooke Tjuparmah S. Komaruddin, M.Pd (Ketua Program Perpustakaan Sekolah UPI Bandung)
  4. Dukungan politik, legislasi dan anggaran sekolah kedinasan bagi tenaga perpustakaan sekolah oleh Angelina Sondakh (Anggota DPR RI Komisi IX) * dalam konfirmasi
  • 13.00 – 14.00 Break
  • 14.00-16.00 Seminar Sesi II
  1. Persiapan sertifikasi tenaga perpustakaan sekolah: ketentuan, prosedur dan persyaratannya oleh Dr. Wastandar ( Kepala Seksi seksi Karier Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Kemendiknas, RI)
  2. Upaya Perpustakaan Nasional dalam mendorong sertifikasi tenaga perpustakaan sekolah Drs Bambang Supriyo Utomo M.Lib (Deputi Bidang Sumber Daya Perpustakaan, Perpusnas RI)
  3. Sertifikasi Tenaga Perpustakaan Sekolah dalam organisasi dan tatakelola pemerintahan oleh Syamsurizal (Staf Deputi Bidang SDM Aparatur, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, RI)
  • 16.00 – 16.30 Penutupan dan pembagian sertifikat

Acara akan diselediselenggarakan pada:

  • Sabtu, 28 Mei 2011
  • Tempat : Sekolah MAN Insan Cendikia, Serpong Jln. Cendekia BSD Sektor XI, Serpong, Tangerang, Banten 15310, Telp (021) 7563578 – 80

Kami mengundang partisipasi Bapak/Ibu Tenaga Perpustakaan Sekolah, Kepala Sekolah, Pemerhati Pendidikan, dan Kalangan akademisi terutama dari Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Program Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi serta kalangan umum yang berminat untuk menghadiri acara ini. Untuk pendaftaran dapat menghubungi:

  • - Rachmawati : 0815 1884187 (alkausarlib@gmail.com)
  • - Eko Wiyanti : 08561113983 (eko.wiyanti@atpusi.or.id)
  • - Eko Raharjo: 0812 8592746 (eko_raharjo8@yahoo.com)

Biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000
(sudah termasuk seminar kit, sertifikat, makan siang dan snack).

KCP BANK MANDIRI CINERE
101-00-0604221-0
a/n Muhammad Ihsanudin/Sri Darma Lokandari

Pendaftaran paling lambat tanggal 24 Mei 2011. Bukti Transfer harap dibawa pada waktu seminar. Untuk konfirmasi pendaftaran dan memudahkan pembuatan sertifikat mohon sms :
NAMA PESERTA LENGKAP dan Alamat Kantor/Sekolah
ke 0815 1884187

248 Total Views 2 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

4 comments

  1. dalam seminar kemarin di serpong bagi saya pribadi kurang pas dalam:
    1. penyambutan
    2. pemberian makalah
    3. sertifikat
    4.dll
    kita tahu itu kan seminar seluruh indonesia,,masak dari sertifikat aja kalah kertas dengan kota yogyakarta yang hanya tingkat kota sertifikat warna kertas lain,itu baru sertifikat belum tempat seminar yang belum pas utk seminar nasional,memang bagus seminar semacam ini untuk saling memperkaya ilmu kita dibidang perpustakaan apalagi kita bisa saling shering dengan banyak temen di seluruh pro[pinsi indonesia,,sayang semua kurang di dukung oleh pemerintah pemerintah daerah maupun pusat,,,dinas yang berkomitmen juga kurang memperhatikan..bahkan yang hadir dari propinsi mungkin yang paling banyak yogykarta..perlu anda ketahui kota jogja berangkat seminar hampir 65% pakai dana sendiri dari semuanya,,kita semua 14 orang,mohon untuk besoknya ke depan lebih baik,,,rencana 2012 di makasar,,,dan 2013 di BALI yang tingkat Sedunia mohon semua panitia mempersiapkan sebaik mungkin,,,oke maju terus ATPUSI….

    • Silahkan kirimkan kritik dan masukan anda ini melalui panitia :)
      semoga semua bisa terus semakin baik dan bukan hnya dijadikan ajang “bisnis” semata
      Amiin :)

      • Saya sebagai tenaga Pustakawan, walaupun saya bekerja di salah satu SMA Negeri di batang Jawa Tengah masih kurang perhatian baik tingkat Sekolah ataupun kabupaten dalam kesejahteraan dan pelatihan untuk kami

  2. pengayaan diri perlu di perlakukan oleh siapa saja termasuk pustakawan,karena ilmu tdk akan pernah berhenti,ilmu itu mengikuti perkembangan jaman .
    selalu ada penelitian yang baru,selalu ada metoda yang baru ,selalu ada pemikiran inovatif.

    seminar semacam ini diperlukan ,sayangnya kurang di dukung oleh pemerintah ( lagi ).sebagaimana halnya kita mengajak para masyarakat untuk rajin membaca dengan menempatkan TAMAN BACAAN MASYARAKAT di balai rw,kelurahan .hari itu kita belum mendapatkan hasil tetapi kita percaya esok akan ada hasilnya.

    jadi selama itu baik untuk kemashalatan umat kita tidak boleh berhenti untuk belajar dan berkarya.

    regards
    evie suryani
    perpustakaan umum kota surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan Paling Banyak Dibaca Lainya:
Museum dan Perpustakaan Tsunami Aceh

DuniaPerpustakaaN.Com --...

2012, Kabupaten/Kota se-Jateng Miliki Perpustakaan Desa

Dunia Perpustakaan...

Atap SD dan Ruang Perpustakaan Jadi Sarang Ribuan Kelelawar

DuniaPerpustakaaN.Com -...

Close