Wednesday , 23 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Kumpulan Artikel Perpustakaan » Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga

Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga

Cara Sederhana Membuat Perpustakaan Pribadi untuk Keluarga

Dunia Perpustakaan || Sudah saatnya bahwa memajukan perpustakaan dan budaya membaca dimulai dari keluarga masing-masing. Caranya tentunya dengan menyediakan perpustakaan pribadi dalam sebuah keluarga. Melalui tulisan ini DuniaPerpustakaaN.Com ingin berbagi Tips Sederhana untuk bagaimana cara membuat perpustakaan pribadi di keluarga kita masing-masing berdasarkan pengalaman pribadi penulis.



1. Tidak Harus ada Ruangan Khusus

Untuk membuat perpustakaan pribadi dalam keluarga sendiri jangan terlalu berfikir harus ada ruangan (kamar) khusus untuk perpustakaan pribadi karena itu pasti membutuhkan biaya besar. Cukup dengan membuat rak-rak buku yang bisa dipasang di manapun di dalam rumah. Misalnya di pinggir ruang tamu, di ruang makan, di ruang keluarga, dimanapun selama itu memang bisa dipasangi rak untuk buku.

2.  Koleksi Buku

Tidak perlu membayangkan biaya besar untuk membuat perpustakaan pribadi dalam rumah kita. Cukup dengan diawali dari koleksi buku-buku yang kita miliki saja. Untuk melakukan sesuatu yang besar semua harus diawali dari kecil dahulu. Biasanya setelah kita memulai sesuatu pasti akan memunculkan ide selanjutnya begitu seterusnya. Selain dari koleksi buku pribadi, kita bisa minta buku melalui teman dekat, atau keluarga yang lain yang mensuport keinginan kita.

3. Cari Donatur Buku

Saat ini semakin banyak masyarakat, komunitas, dan pribadi-pribadi yang memiliki hati yang baik serta kepedulian yang tinggi untuk bersedia bersedekah dalam bentuk buku. Untuk bisa mendapatkan buku gratis, cobalah membuat proposal pengajuan buku gratis ke Perpusnas, penerbit, komunitas pecinta buku, dan gerakan-gerakan social lainya yang mendukung gerakan budaya baca di Indonesia.

Tips diatas kita pikir tidak terlalu sulit untuk memulainya jika memang kita ingin membuat PERUBAHAN untuk keluarga kita tercinta. Tidakah kita menginginkan keluarga kita merupakan sekumpulan keluarga yang CINTA MEMBACA dan mencintai ilmu pengetahuan dan CERDAS ?

Mungkin itu sesuatu yang kecil, tapi bayangkan seandainya disetiap rumah kita di seluruh Indonesia melakukan hal yang sama, tidakah itu sesuatu yang LUAR BIASA ?

Untuk yang ingin perpustakaan pribadinya Online ataupun offline dengan sistem otomasi perpustakaan gratis. Gunakanlah software SLiMS. Untuk bisa mencobanya, silahkan penulis sediakan gratis untuk DEMOnya DISINI

Semoga bermanfaat :)

Penulis : Ari Es (Pendiri dan pengelola Perpustakaan_”Cah_Ndeso”)

435 Total Views 2 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

One comment

  1. Ubist Wisora Sambat

    ziipppp…………..cerdaskan anak bangsa dari tingkat desa".

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan Paling Banyak Dibaca Lainya:
Perpustakaan Taman Budaya Tak Terurus

DuniaPerpustakaaN.Com --...

Perpustakaan Terkecil
Perpustakaan Terkecil di Dunia

Dunia Perpustakaan...

Close