Thursday , 24 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Berita Perpustakaan » Profil Perpustakaan Umum Kota Medan

Profil Perpustakaan Umum Kota Medan

Profil Perpustakaan Umum Kota Medan

Dunia PerpustakaaN || Sejarah ringkas Perpustakaan Umum Kota Medan

( www.perpustakaan.pemkomedan.go.id )

Perpustakaan Kota Medan, berdiri tahun 1972 sesuai dengan Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No. 839/1972 tanggal 27 Desember 1972 tentang mendirikan Pusat Perpustakaan Umum Komadya Medan dengan tujuan dan fungsi sebagai berikut :

a. Mendirikan Pusat Perpustakaan Umum Daerah Katamadya Medan

b. Tujuan dan fungsi Pusat Perpustakaan Umum tersebut adalah

  • Menghimpun bahan-bahan dokumentasi daerah, terutama bahan-bahan yang dianggap perlu diketahui masyarakat luas, berupa karya-karya tertulis sehingga dapat dimanfaatkan bagi pembangunan daerah kotamdya medan dalam segala bidang, seperti hasil-hasil seminar, simposium, musda,keputusan-keputusan/ peraturan pemerintah daerah, pidato-pidato dalam upacara resmi, dan lain sebagainya.
  • Memberikan pelayanan berupa penyediaan bahan-bahan pendidikan dan bahan lainnya sehingga bermanfaat bagi pembinaan mental spritual dan pembinaan kewarganegaraan atas landasan dasar negara Pancasila.
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat umum, masyarakat pelajar, mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan akan sumber-sumber ilmiah dan untuk mengetahui kesulitan sumber pelajaran sesuai dengan kurikulum Sekolah Dasar samapi Perguruan Tinggi, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran di daerah Kotamadya Medan.
  • Menyediakan tempat, dimana semua lapisan masyarakat dapat mengikuti perkembangan negara dan dunia dalam segala bidang, dari koran-koran, majalah-majalah dan brosur-brosur, dan menyediakan bacaan hiburan yang bernilai paedagogis, sehingga bermanfaat bagi perkembangan jiwa anak-anak dan generasi yang akan datang.
  • Membimbing, mengawasi serta mengkoordinir perpustakaan-perpustakaan umum yang diadakan diberbagai pelosok dalam wilayah kotamadya Medan.

KANTOR PERPUSTAKAAN KOTA MEDAN

Kantor Perpustakaan Kota Medan melaksanakan tugas pelayanan perpustakaan kepada masyarakat sejak tahun 1972 di bawah walikotamadya Medan

Dasar Hukum Pembentukan SKPD:

Berdasarkan Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No. 839/1972 tanggal 27 Desember 1972 tetang mendirikan Pusat Perpustakaan Umum Kotamadya Medan.

Alamat SKPD:

Jalan Iskandar Muda No. 270 Medan

Tugas Pokok dan Fungsi Perpustakaan:

Sesuai dengan Peraturan Walikota Medan No.49 Tahun 2012 tentang Rincian Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Perputakaan Kotan daerah Medan.

Tugas Pokok:

Tugas Pokok Kantor Perpustakaan Kota Medan adalah melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan urusan pemerintahan daerah di bidang Perpustakaan.

Fungsi:

a. Perumusan kebijakan teknis di bidang perpustakaan

b. Pemberian dukungan atas penyelanggaraan pemerintahan daerah di bidang perpustakaan

c. Pembinaan dan Pelaksanaan tugas di bidang perpustakaan

d. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Jam Layanan

Perpustakaan Umum Kota Medan dibuka untuk umum pada setiap hari kerja dengan jam layanan seperti berikut:

Senin s.d. Jumat:

08.00 – 18.00 wib

Sabtu:

08.00 – 13.00 wib

 Struktur Organisasi Perpustakaan Umum Kota Medan:

struktur organisasi perpustakaan

397 Total Views 2 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>