Wednesday , 30 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Kumpulan Artikel Perpustakaan » 6 Cara untuk Memaksimalkan Fungsi dan Peran Perpustakaan Sekolah

6 Cara untuk Memaksimalkan Fungsi dan Peran Perpustakaan Sekolah

6 Cara untuk Memaksimalkan Fungsi dan Peran Perpustakaan Sekolah

Dunia PerpustakaaN || Buku itu sumber ilmu dan perpustakaan adalah gudangnya ilmu,’ ungkapan ini seringlah kita dengar. Tergambar jelas betapa pentingnya perpustakaan dalam dunia pendidikan. Sebagian kalangan menyebut, perpustakaan tidak bisa terlepas dari dunia pendidikan. Keduanya memiliki misa yang sama untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan pun akhirnya disebut sebagai denyut jantung bagi sekolah.

Walau semua orang sepakat kondisi di atas, kenyataan bahwa perpustakaan yang ada pada satuan pendidikan di Indonesia masih jauh dari perpustakaan impian dan ideal menjalankan misi edukasinya. Ada memang sekolah yang memunyai perpustakaan memadai, itu pun masih terbatas pada kebanyakan sekolah negeri yang favorit dan sekolah unggulan serta sekolah swasta yang mampu.

Sedang pada kebanyakan sekolah, koleksi perpustakaan yang dikelolanya terbatas pada buku-buku paket kiriman pemerintah. Tentu saja, sebab tidak memiliki koleksi yang lain. Kalau pun ada, jumlah judul dan eksemplarnya sedikit. Kondisi bukunya pun sudah lusuh karena sudah lama dan sering dipinjam oleh siswa dan guru. Bahkan sebagian dari sekolah ada yang tidak memiliki ruang perpustakaan secara khusus, karena keterbatasan ruang.

Ini kadang diperparah dengan masih banyak kalangan pendidik yang belum memahami pentingnya keberadaan perpustakaan bagi sekolah. Mereka masih beranggapan perpustakaan hanyalah ‘gudang buku bukan gudang ilmu’. Sehingga, tidak heran jika ada diantara guru atau tenaga administrasi sekolah yang enggan ditugaskan sebagai pustakawan karena menganggap tugas tersebut hanyalah sebagai buangan atau pengucilan.

Keberadaan perpustakaan sekolah yang memprihatinkan akan berakibat pada rendahnya minat baca siswa dan guru. Hal ini terjadi karena guru tidak mempunyai sarana untuk merangsang tumbuhnya minat baca siswa yang seharusnya terus dipupuk agar kemampuan membacanya terus meningkat dan berkembang menjadi budaya membaca.

Agar perpustakaan sekolah tidak lagi dianggap sebagai gudang buku dan jabatan pustakawan sebagai jabatan pengucilan, maka diperlukan kerjasama semua pihak yang terlibat dalam kegiatan pendidikan untuk memberdayakan keberadaan perpustakaan agar menjadi pusat kegiatan pendidikan di sekolah. ada beberapa upaya yang dapat dilakukan dalam pemberdayaan perpustakaan sekolah seperti dikutip langsung dari koranpendidikan.com (17/10/12).

Pertama, dalam upaya memberdayakan perpustakaan sekolah, pemerintah perlu terus menggiatkan pengadaan buku-buku “proyek” terutama bagi sekolah-sekolah yang kondisi perpustakaannya sangat memprihatinkan dan berada di pelosok pedalaman negeri.

Kedua, peningkatan mutu dan kualitas pustakawan sekolah melalui berbagai pelatihan dan pendidikan yang berkaitan dengan perpustakaan. Melalui kegiatan ini diharapkan akan tumbuh rasa kepedulian terhadap pengelolaan pustaka di sekolah.

Ketiga, Untuk memberdayakan keberadaan perpustakaan sekolah yang memprihatinkan, maka LSM pendidikan dan kalangan masyarakat lainnya yang peduli pendidikan perlu menggiatkan gerakan hibah buku atau sumbang buku pada masyarakat yang hasilnya didistribusikan ke sekolah-sekolah yang koleksi perpustakaannya memprihatinkan tersebut.

Keempat, menumbuhkan gerakan hibah buku pada siswa dan guru guna menambah koleksi perpustakaan yang telah ada.

Kelima, guru perlu menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar sebagai salah satu upaya memberdayakan perpustakaan.

Keenam, bagi kalangan penerbitan swasta dan toko buku perlu memberikan suatu insentif khusus bagi pengembangan perpustakaan sekolah melalui pemberian diskon pembelian atau hibah

308 Total Views 2 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan Paling Banyak Dibaca Lainya:
ilustrasi
Perpustakaan Sekolah Isinya Hanya Buku Paket

Dunia PerpustakaaN...

Perpustakaan Braille Abiyoso
Perpustakaan Braille Abiyoso Bandung Sahabat Terbaik Tuna Netra

Dunia PerpustakaaN...

perpustakaan keliling pantai di Belanda
Menengok Perpustakaan Pantai di Belanda

Dunia Perpustakaan...

Close