Tuesday , 29 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Berita Perpustakaan » Terbukti Korupsi, Mantan Kepala Perpustakaan Bandung Dihukum 2,5 Tahun

Terbukti Korupsi, Mantan Kepala Perpustakaan Bandung Dihukum 2,5 Tahun

Terbukti Korupsi, Mantan Kepala Perpustakaan Bandung Dihukum 2,5 Tahun

Dunia Perpustakaan || Akhirnya setelah menjalani beberapa kali proses persidangan, akhirnya majelis hakim Pengadilan tipikor Bandung memvonis mantan Kepala Perpustakaan Daerah Kota Bandung, Noneng Siti Kuraesin dengan hukuman 2,5 tahun penjara. Noneng terbukti bersalah menyalahgunakan wewenang pada pembangunan gedung perpustakaan daerah Kota Bandung.

“Menjatuhkan pidana selama 2 tahun 6 bulan penjara serta denda 50 juta rupiah yang bila tidak dibayar diganti pidana penjara selama 3 bulan,” kata Ketua Majelis Hakim, Heri Sutanto dalam amar putusannya di Pengadilan tipikor Bandung, sebagaimana dikutip dari tribunnews.com  Selasa (24/4/2013).


Majelis hakim menganggap Noneng telah menyalahgunakan wewenang sebagaimana diatur dalam Pasal 3 UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Dalam putusannya, hakim menyebut terdakwa telah menguntungkan orang lain dengan mengabulkan permohonan pembayaran termin 1 dan 2 untuk pembangunan gedung perpustakaan daerah. Hal itu pun tanpa melalui pengujian yang diajukan direksi PT Centra Block, Egi Muhammad Givarolla.

“Padahal faktanya pengerjaannya belum 100 persen yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 526 juta rupiah lebih,” kata Heri.

Vonis ini lebih ringan satu tahun dari tuntutan jaksa penuntut umum. Mendengar putusan hakim, Noneng langsung menangis. Ia sendiri mengaku tidak menikmati sama sekali uang hasil korupsi seperti yang dituduhkan jaksa. Atas putusan ini, jaksa maupun terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Kasus terungkap setelah pembangunan gedung perpustakaan pada 2010 ternyata tidak sesuai dengan perencanaan. Hal itu terlihat dari tidak dikerjakannya beberapa item, seperti taman gedung dan kaca kantor.

Namun, para terdakwa membuat laporan seolah pembangunan gedung berlokasi di Jalan Caringin itu telah rampung sesuai rencana. Dari nilai kegiatan proyek sebesar Rp 3.990.980.558 itu terdakwa dianggap merugikan keuangan negara sekitar Rp 700 juta.

131 Total Views 4 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan Paling Banyak Dibaca Lainya:
Senandung Cinta : Panduan Menjadi Remaja yang Berbudi dan Berprestasi
Mengenang Ustadz Jefri melalui Buku

Dunia Perpustakaan...

PP Tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun PNS Fungsional Arsiparis

Dunia Perpustakaan...

Inilah Buku Terbesar di Dunia. | gambar: muslimdaily.net
Buku Terbesar di Dunia

Dunia Perpustakaan...

Close