Thursday , 24 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Berita Perpustakaan » Pemkab Kutai Timur Akan Bangun Perpustakaan Modern

Pemkab Kutai Timur Akan Bangun Perpustakaan Modern

Pemkab Kutai Timur Akan Bangun Perpustakaan Modern

Dunia Perpustakaan || Menjawab keluhan jajaran Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kutai Timur atas gedung yang tak layak, Pemkab Kutim akan segera membangun gedung baru yang lebih representatif. Pembangunan akan dilakukan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kutim mulai 2014, untuk menggantikan gedung Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah di Jl Soekarno-Hatta.

Kepala Dinas PU Kutim, Aswandini Tirta mengatakan, saat ini pihaknya baru akan mendesain gedung dalam tahap perencanaannya. “Pembangunanya baru akan dimulai tahun 2014, namun sekarang mulai didesain dan menghitung besaran anggaran yang dibutuhkan,” kata Aswandini Tirta, seperti dikutip dari Samarinda Pos Online (12/5/13).


Untuk sementara, luas bangunan dan besar anggaran serta lokasi belum diketahui. Karena baru dalam tahap usulan dan perencanaan, bahkan surat usulan dari Kepala Kantor Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kutim baru diterima PU Kutim dua hari lalu.

“Yang jelas bahwa, gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah akan lebih bagus modern dan lengkap. Fasilitas ruang baca, ruang pejabat dan ruang staf serta ruang buku akan lebih baik dari yang sekarang ini,” katanya.

Dikonfirmasi, anggota Komisi I DPRD Kutai Timur Bidang Pemerintahan, Joni sangat mendukung usulan pembangunan gedung baru Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah Kutim yang lebih modern dan memiliki fasilitas lengkap tersebut.

“Jika ada usulan, DPRD akan setujui. Sebab, perpustakaan sangat penting dan dibutuhkan masyarakat dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.

Menurut Joni, Badan Arsip dan Perpustakaan Daerah memang seharusnya memiliki gedung yang modern dan besar, karena tidak digunakan sebagai ruang baca saja, tetapi juga sebagai sarana untuk menyimpan data dan arsip sejarah daerah.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perpustakaan Badan Arsip dan Perpustakaan Kutai Timur, Idam Khalid mengatakan, gedung arsip dan perpustakaan yang ada terbilang tidak layak sebagai perpustakaaan, karena tidak memiliki ruang baca.

Selain itu, Idham Khalid juga mengeluhkan tidak ada jaringan internet sehingga pengunjung tidak bisa mengakses berbagai informasi secara online.

“Perpustanaan SMAN 1 Sangatta Utara lebih bagus dari perpustakaan daerah, sehingga tidak layak karena banyak kekurangannya,” katanya menambahkan.

Idham Khalid mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat usulan untuk pembangunan gedung baru yang loaksinya di sekitar Jl AW Sjahranie.

93 Total Views 1 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tulisan Paling Banyak Dibaca Lainya:
PT Horizon Geoconsulting
Lowongan Kerja Pustakawan di PT Horizon Geoconsulting

Dunia Perpustakaan...

KPK
Pekan Depan, Tersangka Kasus Perpustakaan UI Diumumkan

Dunia Perpustakaan...

Jokowi  Beri Bantuan Buku dan Beras untuk Korban Banjir
Jokowi Bangun Kampung Deret di Kebayoran Baru dengan Fasilitas Perpustakaan

Dunia Perpustakaan...

Close