Wednesday , 23 July 2014
Breaking News >>>

Silahkan Gunakan MESIN PENCARIAN Dibawah ini untuk menemukan Tulisan yang Anda Cari....

Daftar jadi Kontributor Penulis
Home » Berita Perpustakaan » Perpustakaan Keliling Save Street Child Siap Layani Anak-anak Jalanan

Perpustakaan Keliling Save Street Child Siap Layani Anak-anak Jalanan

Perpustakaan Keliling Save Street Child Siap Layani Anak-anak Jalanan

Dunia Perpustakaan || Satu lagi kawan seperjuangan pustakawan yang ikut bergerak dan memperjuangkan hak masyarakat untuk mendapatkan pelayanan buku melalui perpustakaan keliling yaitu Save Street Child.

Save Street Child merupakan gerakan komunitas berjejaring DIBUAT SEJAK 23 MEI 2011 lewat twitter oleh Shei Latiefah, yang merupakan mahasiswa Universitas Paramadina, Jakarta. Kemudian, gerakan ini dicontoh oleh pemuda- pemuda lain di kota- kota dan menjadi gerakan yang desentralis.

Para pegiat Save Street Child di kota- kota lain membuat gerakan Save Street Child kota mereka yang otonom dan melakukan kegiatan-kegiatan konkrit, salah satunya adalah kegiatan perpustakaan keliling.



Sebagaimana dikutip langsung dari website resminya Save Street Child savestreetchild.org (5/7/13), Perpustakaan Keliling yang dimiliki oleh Save Street Child di kelola oleh para relawan. Perpustakaan Keliling ini adalah sebuah ide dari Save Street Child tentang pelayanan terhadap minat baca anak-anak di jalanan yang bersifat mobile. Ia mencari, bukan dicari. Perpustakaan ini yang akan menarik perhatian anak-anak supaya memiliki minat terhadap buku-buku dan cerita-cerita yang mungkin telah lama mereka lupa. Perpustakaan ini akan terintegrasi pada kelas-kelas Save Street Child yang sudah ada di 6 titik di Jakarta, Depok dan Tangerang.

Alasan dan tujuan dari dibangunya Perpustakaan Keliling ini adalah sebagai bentuk revolusi pembelajaran secara mobile dengan akses tak terbatas yang terkoneksi dengan internet (perangkat laptop juga di dalamnya, minimal 3 unit). Dengan begitu, Perpustakaan Keliling ini dapat menjadi fasilitas yang menunjang pembelajaran adik-adik yang tidak mendapat tempat di sekolah-sekolah formal pada umumnya.

Untuk lokasi layanan dari perpustakaan keliling yang dimiliki Save Street Child diantaranya ada di lokasi-lokasi berikut ini:

  1. Stasiun Pondok Cina, Depok
  2. Kampung Beringin, Depok
  3. Kampung Manggah. Depok
  4. Stasiun Cikini, Jakarta Pusat
  5. Stasiun Pondok Ranji, Tangerang Selatan
  6. Kampung Kelapa Dua, Jakarta Barat

Nantinya para relawan dari Save Street Child akan memberikan pelayanan pendidikan pada adik-adik, yang mana, Perpustakaan Keliling ini akan mensuplai kebutuhan buku-buku dan akses internet untuk menunjang pembelajaran.

211 Total Views 2 Views Today

_____________________________

About Redaksi

Kirimkan Tulisan anda seputar Dunia Perpustakaan dalam bentuk Artikel, makalah, lowongan kerja pustakawan, seminar perpustakaan, dll ke email Redaksi : redaksi@duniaperpustakaan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>