Home / Artikel Perpustakaan / 5 Jurusan Ini Dahulu Dianggap Tidak Laku, Sekarang Sangat Dibutuhkan!
ilustrasi

5 Jurusan Ini Dahulu Dianggap Tidak Laku, Sekarang Sangat Dibutuhkan!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

5 Jurusan Ini Dahulu Dianggap Tidak Laku, Sekarang Sangat Dibutuhkan!

Dunia Perpustakaan | Setiap pelajar yang baru [akan] lulus di sekolah Tingkat Lanjut Atas [SLTA], bagi yang mampu untuk kuliah, biasanya selalu bingung untuk memilih jurusan apa yang akan mereka ambil.

Biasanya ada beberapa faktor dan pertimbangan saat akan memilih jurusan untuk melanjutkan di perguruan tinggi.

Untuk mereka yang memiliki banyak uang, kemudian juga didukung dengan kemampuan kecerdasanya diatas rata-rata, maka memilih jujuran favorit biasanya pasti jadi pilihan utama.

Beberapa jurusan yang teramat sangat populer misalnya jurusan kedokteran, ekonomi bisnis, politik, komunikasi, teknologi informasi, pendidikan, dan yang lainya.

Dalam memilih berbagai jurusan tersebut, tentunya banyak faktor yang jadi pertimbangan seseorang memilih jurusan tersebut, salah satu pertimbanganya biasanya karena dianggap jurusan tersebut favorit dan memiliki prospek peluang kerja yang baik saat lulus kuliah nanti.

Sebuah alasan dan pertimbangan yang memang sangatlah wajar, dan boleh dibilang memang harus seperti itu, agar jangan sampai salah jurusan.

Akibat adanya stigma dan anggapan tersebut, maka konsekuensinya pastinya, jika ada jurusan yang dianggap favorit, maka bisa dipastikan ada juga jurusan yang tidak jadi jurusan favorit.

Jurusan-jurusan yang dianggap tidak favorit tersebut kemudian oleh beberapa orang dianggap sebagai jurusan yang “Tidak Laku” karena hanya memiliki peminat yang sangat sedikit.

Namun berjalanya waktu, ternyata beberapa jurusan-jurusan yang dahulu dianggap tidak laku, ternyata secara perlahan namun pasti, sekarang mulai jadi jurusan yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

Karena ternyata, beberapa jurusan ini justru dinilai dan dianggap sebagai jurusan yang sangat dibutuhkan.

Berikut ini merupakan 5 Jurusan yang Dahulu Dianggap Tidak Laku, tapi Sekarang Sangat Dibutuhkan!

5 Jurusan Ini Dahulu Dianggap Tidak Laku, Sekarang Sangat Dibutuhkan!

#1. Pustakawan

Boleh saja di beberapa tulisan yang sejenis, mereka menempatkan posisi Pustakawan di bagian akhir tulisan. Namun disini, kami anggap Pustakawan [Jurusan Ilmu Perpustakaan] sebagai profesi yang sangat dibutuhkan.

Kenapa?

Karena bisa dipastikan, anda mahasiswa jurusan apapun, pasti bisa lulus kuliah dikarenakan adanya peran “tersembunyi” dari profesi pustakawan di kampus tempat anda kuliah.

Profesi pustakawan mungkin dianggap seolah profesi yang disepelekan, tapi itu dahulu, saat profesi pustakawan memang belum menjanjikan.

Namun sekarang, berjalanya waktu, profesi ini semakin banyak dibutuhkan. Cepat atau lambat, setiap perpustakaan pasti membutuhkan pustakawan. Mulai dari perpustakaan sekolah, perpustakaan daerah, perpustakaan kementrian/lembaga, perpustakaan khusus, perpustakaan di perusahaan, dan seterusnya.

Mungkin memang saat ini baru sebagian yang mulai menyadari akan pentingnya profesi yang satu ini. Namun kami pastikan, cepat atau lambat semakin banyak menyadari, betapa profesi pustakawan memang teramat sangat dibutuhkan!

#2. Kehutanan

Indonesia punya banyak sekali kawasan hutan yang bahkan belum terjamah. Selain itu, pembakaran hutan ataupun penggunaan lahan yang semena-mena juga makin marak terjadi dan perlu segera diatasi.

Sehingga pemerintah butuh tenaga ahli yang bisa mengawasi hutan Indonesia. Jadi gak heran, jurusan ini sangat dibutuhkan.

#3. Teknik Nuklir

Nuklir bukan berarti kamu diajari membuat bom, ya!

Di sini kamu akan diajari seputar radiasi nuklir, reaktor nuklir, yang semua tujuannya murni digunakan untuk bidang-bidang lain seperti kedokteran ataupun pertanian.

Bayarannya pun bisa puluhan hingga ratusan juta, lho!  Nah, sekarang masih menganggap remeh jurusan tersebut?

#4. Aktuaris

Aktuaris adalah tenaga ahli yang bisa menerapkan ilmu keuangan dan teori statistik. Tugasnya adalah menghitung risiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi. Seiring bertumbuhnya asuransi di Indonesia, makin banyak orang serta instansi yang membutuhkan aktuaris.

#5. Oseanografi

Oseanografi adalah disiplin ilmu yang bersangkutan dengan semua aspek dari kelautan di dunia dan samudera, termasuk sifat fisik dan kimia mereka, asal mereka dan kerangka geologi, dan bentuk kehidupan yang menghuni lingkungan laut.

Indonesia ini terdiri dari lautan yang sangat luas, tentu saja pemerintah membutuhkan ahli kelautan yang mumpuni. Banyak industri perikanan dan kelautan lain yang membutuhkan lulusan-lulusan Oseanografi.

Di jurusan ini, kamu akan diajari ilmu tentang laut mulai dari arus sampai ke fenomena laut teraneh di dunia. Tentu kamu jadi tenaga langka yang dibutuhkan negara!

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

No comments

  1. Memang untuk jurusan perpustakaan banyak yang membutuhkan mulai dari perpustakaan SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi bahkan perusahaan sekaligus. Namun banyak juga perpustakaan yang belum bisa memberikan kesejahteraan bagi pustakawan, contohnya saja perpustakaan sekolah seperti SD, SMP dan SMA. Pengalaman dari teman saya yang bekerja di perpustakaan sekolah rata-rata gaji dibawah UMR bahkan tidak menyentuh 1 juta. Alumni sekarang banyak yang memilih perpustakaan perguruan tinggi karena dirasa masih bisa mencukupi. Mungkin itu juga yang menjadi dilema bagi yang akan mengambil jurusan perpustakaan, karena kebanyakan melihat dari segi prospek jabatan dan gaji.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *