Home ::: Museum ::: 5 Museum Eropa yang Punya Koleksi Sejarah Islam

5 Museum Eropa yang Punya Koleksi Sejarah Islam

5 Museum Eropa yang Punya Koleksi Sejarah Islam.

Dunia Perpustakaan | Islam telah menyebar di banyak tempat, termasuk Eropa. Bahkan museum besar di sana pun punya tempat khusus untuk sejarah Islam. Ini 5 museumnya!

Jika kebetulan mendatangi museum-museum besar di Eropa, jangan lupa berkelana lebih jauh. Karena siapa tahu ada pameran khusus sejarah dan perkembangan Islam di museum tersebut.

Dirangkum dari detikTravel, Kamis (16/6/2016), inilah 5 museum di Eropa yang memiliki koleksi sejarah Islam:

#1. British Museum, Inggris

Yang pertama adalah British Museum di Great Russel St, London. Museum ini berisi aneka pameran mengenai sejarah, seni, budaya yang ada di dunia, termasuk sejarah Islam.

Jika ingin melihat koleksi Islam, datang saja ke Ruang 34. Di sana adalah area Dunia Islam yang dimulai dari abad ke-7 sampai saat ini. Isi koleksinya adalah budaya dari masyarakat yang tinggal di area atau negara yang kental dengan agama Islam.

Pameran yang ada di sini mulai dari sejarah kepercayaan Islam, seni, kaligrafi, dan sains Islam. Beberapa benda seperti lampu masjid, keramik dengan dekorasi kaligrafi dan kerajinan besi juga tersedia di sini.

Museum ini buka dari pukul 10.00 sampai 17.30 waktu setempat. British Museum buka setiap hari dan tiket masuknya gratis. Harap diperhatikan, museum ini tutup setiap tanggal 24-26 Desember dan setiap 1 Januari.

#2. Berlin State Museum, Jerman

islam2

Jerman dikenal sebagai salah satu negara yang paling toleran terhadap Islam. Banyak pula imigran Islam yang merasa nyaman tinggal di negara ini.

Jika ingin melihat literatur Islam dengan lengkap, bisa mengarah ke Staatliche Museen zu Berlin. Di sana ada bagian sejarah Islam yaitu Museum fur Islamische Kunts.

Isi dari pameran ini antara lain artefak budaya, penemuan arkeologi, dan hasil karya seni. Barang pamerannya dikumpulkan dari beragam tempat yang kental dengan agama Islam. Mulai dari barang yang ditemukan di Mediterania, Spanyol, Timur Tengah, sampai Asia.

Pengunjung bisa mengetahui informasi awal tentang Islam sampai perkembangannya dari periode satu ke periode lainnya. Beberapa benda koleksi yang wajib dilihat adalah cekungan tempat berdoa dari Iran dan Turki, dan plafon kayu yang ada di kubah menara di Alhambra, Granada.

Ada juga koleksi karpet dengan motif Islami dan masih banyak lainnya. Penasaran? Datang saja ke Stauffenbergstrasse 41, Berlin, Jerman.

#3. Museum Louvre, Prancis

islam3Tak hanya ada lukisan Monalisa saja yang bisa dilihat di Musee du Louvre atau Museum Louvre. Tapi juga sejarah Islam yang bisa ditemui di Department of Decorative Arts.

Sebenarnya, koleksi sejarah Islam di Museum Louvre sudah ada dari tahun 1893, namun baru dimasukkan dalam ruangan pada tahun 1932. Setidaknya ada 14.000 benda pameran dan 3.500 karya seni yang ada di ruangan ini.

Sedangkan untuk pameran sejarah Islamnya dimulai dari abad ke-7 sampai awal abad 19. Mulai dari karya arsitektur, bebatuan, karya seni di gading gajah, keramik, tekstil, karpet, manuskrip dan masih banyak lainnya bisa ditemui di sini.

#4. Benaki Museum, Yunani

islam4Melangkah ke Yunani, ada Benaki Museum yang ada di Athena. Museum ini sendiri berisi koleksi seni Yunani dari waktu ke waktu. Di dalam sini juga termasuk ruangan khusus untuk sejarah Islam.

Dalam area Islamic Art, terdapat koleksi Islami dari India, Persia, Mesopotamia, Asia, Timur Tengah, Arab, Mesir, Afrika Utara, Spanyol dan beberapa tempat lain di dunia. Koleksi pamerannya mulai dari abad awal perkembangan Islam sampai abad ke-19.

Ada sekitar 8.000 karya seni yang tinggal di museum ini termasuk keramik, emas, tekstil, kaca, dan lainnya. Salah satu benda pameran paling penting yang harus dilihat adalah 2 pintu kayu pahatan yang berasal dari Mesopotamia abad ke-8. Ada juga boks kecil bertanda tangan Ismail bin Al Ward Al Mausili dan sadel beludru dari Bursa.

Museum ini buka setiap Kamis, Jumat dan Sabtu. Sedangkan pada hari Senin, Rabu dan hari libur lainnnya libur.

#5. David Collection, Denmark

islam5David Collection adalah museum seni yang ada di Copenhagen, Denmark. Museum ini berada di bangunan privat yang membuatnya terlihat lebih elegan.

Museum ini memang terkenal dengan koleksi seni Islamnya. Koleksinya mulai dari abad ke-7 sampai ke-19. Dengan banyaknya koleksi seni Islam, David Collection jadi salah satu museum dengan koleksi Islam terbesar di Eropa Utara.

Karena fokus di seni, maka koleksi yang ada di sini lebih banyak keramik dan tekstil. Asal benda seni ini dari Timur Tengah, India, Spanyol dan beberapa negara kental Islam lainnya.

Museum ini buka setiap selasa samapi Minggu mulai dari pukul 10.00-17.00 waktu setempat. Hari Rabu, jam bukanya lebih panjang yaitu dari pukul 10.00-21.00 waktu setempat. Sedangkan hari Minggu museum ini tutup. Asyiknya, masuk ke sini tidak dipungut biaya alias gratis.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Qatar Punya Museum Islam Terbaik Sedunia

Qatar Punya Museum Islam Terbaik Sedunia. Dunia Perpustakaan | Sebagai negara muslim, Qatar punya museum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *