Home ::: Berita Perpustakaan ::: 5 Perpustakaan di Indonesia dengan Desain yang Unik
Perpustakaan Universitas Indonesia

5 Perpustakaan di Indonesia dengan Desain yang Unik

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

5 Perpustakaan di Indonesia dengan Desain yang Unik.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan di Indonesia maupun di negara lain menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sebuah kampus, sekolah maupun instansi tertentu.

Bangunan atau gedung yang dipenuhi dengan buku ini menjadi favorit sebagian orang gemar membaca.

Perpustakaan memang sarana paling asyik untuk membaca buku dan mencari referensi gratis.

Walau teknologi kian berkembang dan kita bisa membaca di mana saja, perpustakaan tetap tidak bisa ditinggalkan begitusaja.

Maka sudah sewajarnya perpustakaan di seluruh dunia dibuat nyaman agar pembacanya betah berlama-lama di sana.

Di Indonesia sendiri beberapa perpustakaan dibangun dengan biasa-biasa saja seperti perpustakaan kebanyakan lainya.

Namun saat ini sudah ada beberapa perpustakaan di Indonesia yang dibangun dengan bentuk maupun konsep yang unik.

Dengan bentuk dan konsep yang unik inilah kemudian bisa menjadi daya tarik tersendiri, yang itu bisa menarik minat masyarakat untuk datang dan berkunjung ke perpustakaan tersebut.

Beberapa perpustakaan tersebut ada yang berada di kalangan perguruan tinggi, di lokasi wisata, ataupun di kabupaten/kota yang siapapun boleh datang ke perpustakaan tersebut.

Berikut ini merupakan 5 perpustakaan terunik di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber;

#1. Perpustakaan Universitas Indonesia

Perpustakaan Universitas punya desain yang sangat unik dan megah karena dibangun dengan taman hijau di atapnya. Bentuk bangunan berorientasi pada pemanfaatan lahan hijau sebagai penopang kokoh di sekeliling gedung. Selain itu pengunjung dapat melihat pemandangan danau UI yang indah dari dalam gedung perpustakaan.

#2. Micro Library

perpustakaan unikPerpustakaan yang terletak di Bandung ini merupakan ide Daliana Suryawinata dan Florian Heinzelmann dari SHAU Architecture. Mikro Pustaka dibangun dari 2.000 ember bekas es krim. Desainnya yang dibuat berongga ini bertujuan agar sirkulasi udara di dalam gedung ini bisa bekerja secara baik tanpa memerlukan AC. Unik kan?

#3. Perpustakaan Universitas Malahayati

Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Universitas Malahayati berada di Area Komplek Kampus Universitas Malahayati di Gedung Terpadu lantai Delapan.

UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati berdiri bersamaan dengan berdirinya institusi pada tahun 1993 dan disahkan dengan SK Rektor pada tahun 1994.

UPT. Perpustakaan Universitas Malahayati, seiring waktu telah beberapa kali melakukan pembenahan diantaranya adalah melakukan pembangunan fisik gedung yang saat ini menempati area seluas 7.000 m2 , yang dilengkapi fasilitas ruang belajar, dengan tataruang bernuansa budaya nusantara dan modern, terdiri dari anjungan rumah adat sesuai dengan jumlah provinsi yang ada di Indonesia.

Yang dianggap unik dari desain perpustakaan ini yaitu terletak pada desaignya yang dibuat berbagai jenis rumah adat dari berbagai daerah.

Selain bentuk desaign yang unik, perpustakaan ini juga menyediakan juga ruang referensi yang terdiri dari ruang koleksi cetak maupun digital, serta ruang baca dan diskusi yang semuanya dilengkapi fasilitas belajar mengajar seperti proyektor LCD, whiteboard dan ruang pustaka digital.

#4. Perahu Pustaka

perahu puuuuuuustakaPerpustakaan unik ini berada di Sulawesi Barat. Sang pencetus adalah Muhammad Ridwan Alimuddin. Perpustakan ini merupaka perahu tradisional khas Mandar yang diberi nama Patingalloang. Perahu Pustaka ini diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin belajar tentang budaya dan tradisi Mandar. Selain itu  kamu bisa membaca di atas perahu yang berjalan, keren kan?

#5. Kereta Pustaka

kereta pustakaKereta pustaka yang diresmikan pada tahun 2011 ini menyajikan kereta khusus untuk perpustakaan dan museum keliling. Di dalam kereta Pustaka ini, kamu bisa membaca dan melihat berbagai informasi soal sejarah kereta api di Indonesia. Selain bisa duduk santai sambil lesehan dan berbincang, kamu pun bisa menikmati hiburan televisi di dalam kereta ini lho. Perpustakaan yang satu ini sifatnya berpindah-pindah karena berada dalam kereta.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar