Home ::: Artikel Perpustakaan ::: 6 Situs yang Akan Bantu Skripsimu Cepat Tuntas

6 Situs yang Akan Bantu Skripsimu Cepat Tuntas

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

6 Situs yang Akan Bantu Skripsimu Cepat Tuntas.

Dunia Perpustakaan | Para calon sarjana sebelum meraih gelar sarjanannya, tentu harus melalui satu tahap yang dirasa paling berat. Ya menyusun skripsi! Sebelum skripsi disusun, tentu harus melakukan penelitian terlebih dulu.

Proses pengerjaan penelitian skripsi memang tak mudah serta harus melalui lika-liku, jungkar balik, kepala di kaki, kaki di kepala yang panjang.

Sebab mahasiswa dituntut harus banyak mencari sumber-sumber pertama dalam penelitian. Nah, ininih yang kadang susah banget buat ditemuin, dan ini seringkali jadi kendala buat kita untuk masuk ke bab selanjutnya.

Para mahasiswa kini tak perlu khawatir, kecanggihan teknologi akan membantu saat kamu  lagi males-malesan sama skripsi. Nih, dikutip dari jadiberita.com [14/04/16], ada 5 situs yang bakal bantuin penelitian skripsi kamu biar cepat tuntas.

#1. Google Scholar

Google Scholar merupakan layanan buatan Google yang bakal membantumu mencari berbagai materi pelajaran berupa teks dalam berbagai format publikasi. Di dalam layanan yang diluncurkan tahun 2004 ini, terdapat pula jurnal-jurnal online dan publikasi ilmiah yang terbilang lengkap. Tak hanya itu saja, melalui layanan ini kamu jugadapat lebih mudah mengutip sebuah publikasi dalam berbagai macem jenis citasi.

#2. Microsoft Academic

Microsoft_Academic

Microsoft Academic merupakan mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Layanan ini punya fitur filter yang dapat membantumu dalam mencari sumber penelitian. Nah, melalui filter ini, kamu akan lebih mudah dalam mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang tengah kamu cari. Selain itu layanan milik Microrosoft ini jadi alternatif pilihan karena fitur filter yang membuat pencarian kamu jadi lebih spesifik.

#3. Indonesian Publication Index

IPI

Indonesian Publication Index, lebih dikenal dengan portal garuda. Situs ini hampir mirip dengan Google Scholar dan Microsoft Academic. Bedanya, dalam portal Garuda ini hanya menampilkan jurnal yang berbahasa Indonesia saja. Keunggulan ini tentu akan membantumu yang kurang handal dalam bahasa Inggris, atau memang kebetulan sedang mencari jurnal berbahasa Indonesia.

#4. Open Library

Open-Library

Open Library merupakan sebuah project raksasa yang melibatkan seluruh penggunanya. Situs ini layaknya perpustakaan terbuka, di mana kita sebagai pengguna, tak hanya bisa menikmati jurnal-jurnal yang ada, tapi juga bisa menempatkan buku milik kita sendiri di perpustakaan ini dan siapa pun bisa mengaksesnya dengan terbuka.

Tak hanya itu saja, dalam situs ini terdapat banyak e-book gratis yang hanya bisa dibaca secara online. Tetapi banyak pula yang bisa kita unduh dengan gratis untuk dibaca sewaktu-waktu tanpa koneksi internet.

#5. Literature.org

Literatur

Bagi kalian mahasiswa sastra atau memang penyuka sastra dunia, maka literature.org ini layak untuk kamu akses. Ada ribuan buku dari sastrawan ternama dunia yang dapat diakses bebas di sini. Mulai dari Dumas, Allan Poe, Mark Twain, hingga Leo Tolstoy. Berbeda dengan situs yang lain, kamu tidak bisa mengunduh dalam format pdf, epub, atau kindle. Namun tak perlu khawatir, situs ini mudah diakses lantaran hanya menyajikan teks tanpa gambar sehingga tidak menghabiskan kuota akses internet.

#6. Library Genesis

LIBRARY_GENESIS

Situs yang satu ini bisa dibilang penyedia buku digital paling lengkap sejagad raya. Berbagai jenis buku dari yang formatnya pdf, mobi, sampe ePub semuanya tersedia di situs ini. Uniknya, semua bisa mahasiswa unduh secara cuma-cuma. Buku-buku digital yang ada di situs ini sudah ada untuk berbagai jurusan, dari ekonomi, politik, sampe bahasa.

Hanya saja karena situs ini isinya buku gratisan, fitur filter yang ada di situs Library Genesis kurang akurat. Jadi, kalo kamu mau download ebook dibuku ini, jangan sampe ada kesalahan pas nulis keywordnya, ya.

 

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar