Home ::: Museum ::: Agung Rai Museum of Art (ARMA), Jadi Museum Terpopuler di Indonesia

Agung Rai Museum of Art (ARMA), Jadi Museum Terpopuler di Indonesia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Agung Rai Museum of Art (ARMA), Jadi Museum Terpopuler di Indonesia.

Dunia Perpustakaan |  Agung Rai Museum of Art (ARMA) ada di peringkat pertama dalam daftar 10 museum terpopuler di Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Raya Pengosekan Ubud, dan didirikan oleh Anak Agung Gde Rai, orang Bali yang mengabadikan hidupnya untuk melestarikan seni dan budaya Bali.

Tujuan pembangunan museum ini adalah mengumpulkan berbagai karya seni, serta mengembangkan dan melestarikan seni lukis, patung, tari, musik, dan berbagai bentuk seni budaya lain.

Selain itu, museum ini menyediakan sarana dan prasarana bagi masyarakat setempat untuk mempelajari berbagai keterampilan artistik.

Pada tanggal 9 Juni 1996, Agung Rai Museum of Art resmi dibuka oleh Prof. Dr. Ing. Wardiman Djojonegoro, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Koleksi yang ditampilkan di museum ini cukup beragam. Mulai dari yang bergaya tradisional sampai kontemporer.

Mengutip dari sumber beritagar.id. Beberapa koleksi yang ada di museum ini termasuk lukisan Kamasan klasik di kulit pohon, karya oleh seniman Batuan dari tahun 1930-an dan 1940-an, serta ada karya dari seniman Jawa abad ke-19 yaitu Raden Saleh dan Syarif Bustaman.

Ada juga mahakarya dari pelukis ternama seperti Raden Saleh, Walter Spies, Basuki Abdullah, Rudolf Bonnet, dan lainnya yang jadi ciri khas museum ini.

arma2

Sebenarnya ARMA tak hanya sekadar museum, namun pusat seni visual dan pertunjukan. Siapapun yang ingin menikmati koleksi permanen lukisan, pameran sementara khusus, pertunjukan teater, tari, musik dan lukisan kelas.

Toko buku, perpustakaan dan ruang baca, lokakarya budaya, konferensi, seminar dan pelatihan program.

Masih di kawasan museum, terdapat ARMA Resort, ARMA International & Thai Cuisine, Kafe Arma, Warung Kopi, ARMA Spa, juga toko buku dan butik.

Selain ARMA, ada 9 museum lain yang juga populer di Indonesia menurut TripAdvisor. Berikut daftarnya:

10 Museum Terpopuler di Indonesia

  1. Museum Kesenian Agung Rai (ARMA), Ubud.
  2. Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta.
  3. Museum Batik Danar Hadi, Solo.
  4. Neka Art Museum, Ubud.
  5. Museum PASIFIKA, Nusa Dua.
  6. Museum The Blanco Renaissance, Ubud.
  7. Museum Sampoerna, Surabaya.
  8. Museum Nasional, Jakarta.
  9. Museum Bank Indonesia, Jakarta.
  10. Museum Tsunami, Banda Aceh.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar