Home ::: Berita Perpustakaan ::: Agung Wibawa, Terpilih Menjadi Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional 2016

Agung Wibawa, Terpilih Menjadi Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional 2016

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Agung Wibawa, Terpilih Menjadi Pustakawan Terbaik Tingkat Nasional 2016.

Dunia Perpustakaan | Gunungkidul patut berbangga atas prestasi yang diperoleh Agung Wibawa, salah satu pustakawan Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunungkidul. Beberapa waktu yang lalu ia terpilih menjadi juara satu Pustakawan Muda Terbaik tingkat nasional tahun 2016.

Dikutip dari harianjogja.com, [13/09/16]. Kompetisi yang dipusatkan di Jakarta diikuti sebanyak 29 peserta perwakilan dari 29 provinsi di Indonesia. Sebelumnya ia melakukan tahap seleksi dan bersaing dengan sekian banyak peserta yang berasal dari kabupaten lain dan perguruan tinggi di DIY.

“Seleksinya ketat sekali, setelah lols tngkat DIY kemudian melaju ke Jakarta untuk mengikuti tes wawancara, presentasi, dan tes tertulis,” kata Agung saat dijumpai Harian Jogja pekan lalu.

Bersama 28 peserta lainna, Agung berupaya untuk memberikan yang terbaik atas nama daerahnya, yakni DIY untuk memperebutkan juara satu nasional. Ia mengakui bahwa support Pemkab Gunungkdul serta Pemprov DIY sangat membantunya dalam meraih gelar juara tersebut. Banyak hal yang diuji dalam kompetisi tersebut, salah satunya yakni profesionalitas sebagai pustakawan.

Ia mengungkapakan bahwa Pustakawan selama ini masih dianggap belum sejajar dengan profesi lainnya di Indonesia seperti Guru ataupun Dokter. Untuk itu ia berusaha untuk memperjuangkan dan mengangkat profesi pustakawan sebagai profesi yang dapat dibanggakan dan patut diakui oleh negeri.

“Pustakawan tidak hanya sekedar menjadi orang yang bertugas meminjam atau mengembalikan buku saja, namun sudah bertransformasi menjadi fasilitator dan mediator bagi masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Gunungkidul, Ali Ridlo mengapresiasi prestasi yang diperoleh oleh Agung. Prestasi kali kedua yang diraih Gunungkidul sebagai juara nasional tersebut diakuinya sangat membanggakan.

Diharapkannya dengan prestasi yang diraih Agung, pustakawan yang berada di seluruh Gunungkidul dapat tergerak untuk melaksanakan tugas mengabdi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“Pustakawan yang dekat dengan masyarakat nantinya bersama-sama memunculkan inovasi dan dapat menjadi penggerak untuk meningkatkan taraf hidup,” kata Ali.

Ia mengatakan para Pustakawan akan mencoba untuk menggerakkan masyarakat dengan tujuan demi meningkatkan minat baca. Selanjutnya bermula dari membaca akan meningkatkan pengetahuan dan dapat menghasilkan suatu produk yang kemudian dapat dijual.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *