Home ::: Berita Perpustakaan ::: Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!
Perpustakaan angkot di Bandung yang sudah beroperasi. Diharapkan daerah-daerah lain bisa mengikuti langkah baik ini.

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan bisa ditularkan, maka demikian juga dengan kebaikan juga bisa ditularkan dan disebarkan. Demikian juga dalam hal inovasi di bidang perpustakaan.

Baru-baru ini kita mendengar jika pihak kota Bandung berencana akan menyediakan buku bacaan di setiap angkot. Bahkan diantaranya sudah beroperasi dan berjalan melayani para penumpang angkot.

[Baca juga: Setiap Angkot di Bandung Akan Dilengkapi Perpustakaan Mini]

Ternyata ide yang ada di Bandung tersebut menginspirasi pihak Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang. Dimana dalam pemberitaan yang dipublikasikan wartakota.tribunnews.com [6/2/2017], disebutkan jika Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang berencana membuat perpustakaan mobile.

Perpustakaan berjalan ini nantinya disediakan di dalam angkutan umum yang beroperasi di Tangerang.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Staff Pembangunan Program DPAD Kota Tangerang, Ahmad Karya Wiguna. Tujuannya yakni untuk meningkatkan minat baca khalayak masyarakat.

“Konsepnya nanti transportasi umum diberikan tempat untuk sejumlah buku agar bisa dibaca penumpang,” ujar Karya pada Senin (6/2/2017).

Penumpang pun dapat menikmati fasilitas yang ada. Sehingga mereka tak bosan dalam perjalanan ke tempat tujuan.

[Baca juga: Ciptakan Perpustakaan di Angkot, Suami-Istri Ini Dipuji Netizen!]

“Tahap awal program ini akan diterapkan di Bus Trans Kota dan Trans Jabodetabek,” ucapnya.

Jika berjalan sesuai rencana maka akan diterapkan di sejumlah angkot. Karya menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait program tersebut.

“Tahun ini bisa kami realisasikan. Sedang dirancang untuk tempat bukunya nanti seperti apa di dalam angkutan,” kata Karya.

Semoga saja rencana Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang tersebut bisa segera terlaksana. Demikian juga daerah-daerah lain bisa mengikuti untuk terus menyediakan fasilitas buku bacaan di setiap pelayanan umum.

Dengan cara itupula diharapkan gerakan literasi bisa menjadi isu yang utama di setiap daerah di Indonesia. Jika semuanya sudah terlibat, maka yakinlah bahwa meningkatkan budaya masyarakat di Indonesia bisa semakin lebih baik.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Genjot Minat Baca, Banyuwangi Sediakan Container Library

Genjot Minat Baca, Banyuwangi Sediakan Container Library! Dunia Perpustakaan | Untuk anda warga Banyuwangi, anda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *