Home ::: Berita Perpustakaan ::: Arpus Balikpapan Luncurkan Fasilitas e-Book Tahun Depan

Arpus Balikpapan Luncurkan Fasilitas e-Book Tahun Depan

Arpus  Balikpapan Luncurkan Fasilitas e-Book Tahun Depan.

Dunia Perpustakaan | Guna meningkatkan pelayanannya, Kantor Arsip dan Perpustakaan (Arpus) bakal meningkatkan kualitas sumber daya manusianya agar mahir dalam bidang informasi teknologi. Sebab, program pelayanan digital bakal diterapkan mulai 2017 mendatang.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Balikpapan Hendrik mengatakan, pelayanan yang dimaksud, yakni menyediakan fasilitas e-book dari koleksi buku yang ada agar dapat diakses dari website. Hal ini merupakan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman.

Buku digital (e-book) adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar.

Buku elektronik diminati karena ukurannya yang kecil bila dibandingkan dengan buku, dan juga umumnya memiliki fitur pencarian, sehingga kata-kata dalam buku elektronik dapat dengan cepat dicari dan ditemukan.

“Ini memudahkan masyarakat agar tak perlu ke perpustakaan. Cukup akses login dan bisa baca e-book. Ini sesuai tujuan kami, menggalakkan Balikpapan budaya membaca,” ujarnya.

Untuk mempersiapkan inovasi tersebut, sebutnya, ia bakal bekerja sama dengan Perpustakaan Provinsi Kaltim. Sehingga tak hanya menyediakan buku dalam bentuk manual, namun juga dalam bentuk elektronik.

Dikutip dari porkal.co, [01/06/16]. “Nanti fungsi Arpus Balikpapan sama, mencakup  judul buku yang tidak ada e-book-nya. Setidaknya satu judul buku kami sediakan lima buah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, terobosan tersebut akan menggunakan dana sesuai kemampuan daerah. Dan saat ini masih dalam pengusulan agar dapat masuk dalam APBD 2017.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *