Home / Arsip / Arpusda Kota Yogyakarta Raih Arsip Award 2016

Arpusda Kota Yogyakarta Raih Arsip Award 2016

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Arpusda Kota Yogyakarta Raih Arsip Award 2016.

Dunia Perpustakaan | Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogya sebagai lembaga kearsipan daerah tingkat Kota/Kabupaten menuai prestasi positif dalam mengelola arsip-arsipnya. Malam [17/8] di RedTop Hotel, Jakarta.

Kantor Arpusda Kota Yogya dinobatkan sebagai Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Teladan terbaik Tingkat Nasional Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB), Asman Abnur.

Kepala ANRI, Mustari Irawan mengatakan penghargaan yang diberikan ANRI adalah untuk memotivasi dan mendorong lembaga arsip agar melaksanakan tata kelola arsip yang baik. “Anugerah Kearsipan 2016 merupakan penghargaan yang diberikan ANRI setiap tahun,” ujarnya. Dikutip dari beritaterkini.id, [18/08/16].

Dalam penilainya, lanjutnya, ada 8 aspek yakni kebijakan, pembinaan, pengelolan arsip dinamis, program arsip vital, pengelolaan arsip statis dan sumber daya manusia (SDM).

Penilaian mulai dilaksanakan sejak bulan April lalu, dimana arsip kota Yogya menyampaikan instrumen penilaian pemilihan LKD teladan Nasional ke ANRI, kemudian tim ANRI turun ke Kota Yogya untuk melakukan crosscek lapangan seperti program pembinaan, perda/aturan mengenai kearsipan serta lomba-lomba yang telah dilaksanakan.

“Selain mengunjungi Kantor Arspuda Kota Yogya, kami juga melakukan peninjauan langsung ke beberapa SKPD unggulan seperti Dinas Perizinan, Kantor Kelurahan Ngupasan, Puskesmas jetis dan SMK Negeri 4 Yogya, dan hasilnya tim sangat terkesan terhadap penataan arsip yang dilakukan SKPD dilingkungan Pemkot Yogya, ” jelasnya.

Dijumpai usai menerima penghargaan, Kepala Kantor Arpusda Kota Yogya, Wahyu Hendratmoko mengaku bersyukur atas torehan prestasi yang membanggakan tersebut.

“Ini merupakan sebuah prestasi yang sangat baik, kita berhasil meraih predikat terbaik tingkat nasional. Ini semua berkat kerjasama dan usaha kita” ungkapnya.

Ia menjelaskan Kantor Arpusda Kota Yogya dinilai selangkah lebih maju dibandingkan daerah lain dalam hal sarana dan prasarana kearsipan maupun dalam berbagai kegiatan.

“Arsip Kota Yogya telah memiliki saranana penyimpanan arsip vital berupa vaulting, selain itu juga depo arsip dinamis dan statis yang telah memenuhi standar kearsipan” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk meningkatkan kesadaran arsip antar SKPD, Kantor Arpusda telah menyelenggarakan kegiatan lomba pengelolaan arsip antar SKPD.

“Lomba ini efektif untuk meningkatkan kualitas SDM kearsipan agar para arsiparis lebih berkompeten, andal, berdedikasi dan berkinerja baik serta untuk menumbuhkan kesadaran arsip di kalangan PNS,” ucapnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, mengatakan, prestasi yang diukir Kantor Arpusda Kota Yogya menjadi LKD terbaik nasional merupakan kebanggaan.

“Karena kearsipan adalah suatu proses mulai dari penciptaan, penerimaan, pengumpulan, pengaturan, pengendalian, pemeliharaan dan perawatan serta penyimpanan berkas menurut sistem tertentu’ katanya.

Ia berharap Kantor Arpusda Kota Yogya dapat terus mempertahankan bahkan meningkatkan tata kelola arsipnya, sehingga tahun depan dapat meraih prestasi terbaik lagi.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar