Home / Berita Perpustakaan / Bacaan Anak Indonesia Didominasi dengan Buku Terjemahan

Bacaan Anak Indonesia Didominasi dengan Buku Terjemahan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Bacaan Anak Indonesia Didominasi dengan Buku Terjemahan.

Dunia Perpustakaan | Presiden Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA) Murti Bunanta mengungkapkan bacaan anak-anak di Indonesia didominasi oleh buku terjemahan.

“Mungkin pengarang dan ilustrator sekarang pada gengsi untuk menulis buku anak-anak, maka banyak didominasi buku terjamahan,” kata Murti saat Festival Bercerita di Jakarta, Kamis.

Dia mengungkapakn serangan buku terjemahan terjadi pada era 1970an, pada sekitar 1950-1960 an banyak pengarang yang berbakat. Dia juga menilai bacaan anak yang beredar sebaiknya meningkatkan kulitasnya, mulai dari cerita, ilustrasi hingga penjilidannya.

KPBA yang terlah berusia 30 tahun terus fokus untuk meningkatkan mutu bacaan anak, mereka menggelar Festival Bercerita yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti pelatihan ilustrasi, mendongeng, membuat cerita yang lainnya.

Salah satu anggota KPBA Ida Farida mengatakan “Festival Bercerita” yang sudah dilaksanakan keempat belas kali ini memang berusaha melatih para penulis dan ilustrator untuk agar dapat membuat bacaan anak yang berkualitas.

Dikutip dari Liputan6.com, [08/08/16]. “Mereka diberikan pelajaran menggambar atau bercerita apa yang baik untuk anak,” kata Ida. Dia mengatakan saat ini guru, orang tua dan lingkungan kurang mendorong agar anak mau membaca buku bacaan.

“Sekarang sudah ada gawai, dan juga kalau di sekolah mereka hanya membaca buku pelajaran. Sebaiknya ada buku pendamping seperti buku cerita bergambar untuk merangsang anak-anak agar membaca,” kata Ida.

Menurut dia, sebaiknya perpusatakaan berisi buku-buku yang disukai anak-anak, tidak melulu buku pelajaran untuk merangsang si anak membaca buku.

“Jika anak sudah diajarkan untuk membaca buku dari dini, dia juga akan belajar mengapresiasi pengarang dan juga penggambar,” kata dia.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *