Home ::: Berita Perpustakaan ::: Berprestasi Dengan Berbekal 2400 Buku

Berprestasi Dengan Berbekal 2400 Buku

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Berprestasi Dengan Berbekal 2400 Buku.

Dunia Perpustakaan | Selain dikenal memiliki fasilitas yang cukup lengkap, perpustakaan Pelangi yang didirikan di Dusun Wonobungkah kelurahan Jlamprang Wonosobo telah mengantongi predikat juara 3 tingkat provinsi.

Beberapa ruangan seperti ruang multi media, ruang referensi, ruang baca, dan kantor secara apik tertata di bangunan yang ada di samping masjid Jlamprang itu. Berbekal 2400 judul buku termasuk genre fiksi, nonfiksi, agama, dan cerita anak, setiap harinya, jumlah pengunjung bisa mencapai 30 orang.

Di dinding ruangan utama dipajang berbagai karya yang menarik perhatian pengunjung, yakni koleksi karya foto dari fotografer lokal tentang alam Wonosobo dan foto pahlawan kemerdekaan.

Ditambah karya anyaman serta lukisan anak-anak Paud setempat penanda apresiasi kreativitas mereka. Satu hal lagi yang membuat Perpus Pelangi layak ditengok, rancangan tata ruangannya ramah untuk penyandang Disabilitas.

Dikutip dari Radarpekalongan.com, [08/04/16]. “Mereka yang memiliki keterbatasan fisik harus bisa menjangkau perpustakaan. Selain itu, setiap karya dari anggota maupun pengurus juga akan ditampilkan untuk memotifasi anggota lainnya,” kata Rodiyah, Pengelola.

Mayoritas pengunjung, menurut Rodiyah adalah anak sekolah dan anak-anak usia TK. Selain itu, pengunjung dari luar daerah seperti Temanggung dan dari kawasan Dieng juga kerap menyambangi perpustakaan yang ada di jantung kelurahan Jlamprang tersebut.

“Kami juga sering menerima sumbangan buku dari masyarakat, selain dari Perpustakaan Provinsi dan perusahaan, program PNPM, dan percetakan,” imbuh Rodiyah.
Namun untuk melengkapi koleksi buku, pengurus juga berbelanja buku dari hasil iuran anggota.

Kiprah Pelangi selama hampir dua tahun di Jlamprang mulai terlihat dengan jumlah anggota yang sudah mencapai 560 orang. Sebanyak 9 orang pengurus yang bekerja secara bergantian mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB, disiagakan untuk melayani para anggota.

“Setiap harinya, selalu ramai dengan anak-anak karena ada mainan dan komputer. Tetapi khusus untuk hari Jumat libur, mengingat aktifitas di Masjid,” kata Sudiyanti, bagian Pelayanan.

Meskipun tutup pada sore hari, namun aktifitas di perpustakaan tetap ramai, karena setiap malam bangunan tersebut juga digunakan untuk mengaji anak-anak setempat. Setiap tahun, Pelangi juga medapat bantuan operasional dari Kelurahan, dan diharapkan Sudiyanti berlanjut untuk digunakan menambah buku dan fasilitas anggota.

Menurut Randi Hamdani, salah satu pengunjung, perpus Pelangi sangat nyaman dan membuat pembaca betah.“Daripada di rumah, saya lebih suka membaca di sini, karena suasananya enak dan lengkap,” kata siswa SMK itu.

Dari total 2400 buku, ada beberapa buku baru berasal dari sumbangan yang belum didata dan anggota selalu antusias untuk meminjam buku terbaru.

Harapan Sudiyanti, masyarakat semakin gemar membaca dan memilih kegiatan yang positif sehingga menular kepada generasi muda. Untuk prestasi yang dicapai menjadi bukti keseriusan para pengurus dan anggota untuk memakmurkan perpus Pelangi.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar