Home ::: Berita Perpustakaan ::: Buku Lokal Menarik Perhatian Perpustakaan Kongres Amerika Serikat

Buku Lokal Menarik Perhatian Perpustakaan Kongres Amerika Serikat

Buku Lokal Menarik Perhatian Perpustakaan Kongres Amerika Serikat.

Dunia Perpustakaan | Sejumlah buku di Club Menulis IAIN Pontianak menarik perhatian Perpustakaan Kongres Amerika Serikat (Library Of Congress).  Buku-buku itu rencananya akan  disimpan di perpustakaan tersebut dan bisa dibaca oleh siapa saja, termasuk mahasiswa Indonesia yang kuliah di sana.

Arifin Pramoni,  Acquisitions Specialist di Library Of Congress mengunjungi IAIN Pontianak, Jalan Soeprapto. Ia pun memilah dan memilih sejumlah buku yang menurutnya akan memiliki daya tarik untuk disimpan di perpustakaan besar di Washington, D.C itu.

Kepada Yusriadi, Pembimbing Club Menulis IAIN Pontianak, Rabu (1/06), Arifin menjelaskan bahwa Library Of Congress memang konsen terhadap publikasi lokal, terutama buku-buku terbitan di luar Jawa. “Kami memang memiliki program untuk mengumpulkan buku yang terbit di luar Jakarta, lebih tepatnya di luar Jawa,” katanya.

Sampai saat ini, ia sudah mengunjungi Aceh hingga Papua untuk menemukan buku-buku hasil karya anak bangsa di berbagai daerah. “Untuk di Kalbar, saya sudah ke Kantor Gubernur, Universitas Tanjungpura, Bapedda, Badan Lingkungan Hidup, dan IAIN Pontianak untuk mendapatkan buku-buku karya masyarakat Pontianak,” bebernya.

Buku-buku yang dicari pun beragam, mulai dari ekonomi, politik, sosial, dan budaya. “Semua aspek kami cover. Mulai dari kehidupan keagamaan, ekonomi, serta potensi dan perkembangan daerah. Tetapi yang paling diunggulkan itu buku yang bersifat sosial budaya,” papar dia.

Ketertarikan terhadap sosial dan budaya daerah tentu bukan tak ada alasan. Menurut dia, buku-buku tersebut memberikan warna tersendiri bagi setiap daerah. “Sebab masing-masing daerah tentu punya perbedaan tersendiri, punya keunikkn. Jadi pasti ada hal menarik dari sisi sosial dan budayanya. Kalau tema lain biasanya bersifat umum.”

Setiap penulis daerah, menurutnya punya ciri khas yang tidak dimiliki penulis lain. “Mereka lahir di sini, hidup di lingkungan keluarga. Biarpun si penulis mengatakan isi bukunya biasa saja, terlalu sederhana, tetapi belum tentu bagi orang lain,” ulasnya.

Terkait munculnya electronic book atau e-book, ia berpendapat hal itu tidak lantas mematikan semangat orang untuk menulis buku. Beberapa tahun mendatang pun, dia percaya kehadiran buku masih dibutuhkan, dan masih dicari.

“ Yang stabil itu adalah kertas. Beberapa tahun ke depan pun buku dalam bentuk kertas masih potensial. Memang sekarang muncul PDF, elektronik, tetapi biasanya semakin maju teknologi akan ada perubahan.

Yang namanya sistem, kalau sudah berubah maka akan berbeda. Kalau tahun ini sistemnya beda, tahun depan beda lagi. Sistem lama otomatis tidak bisa dibuka,” ucap dia.

Dia mencontohkan, dahulu ketika orang tua mencetak foto mereka, maka foto tersebut masih bisa terlihat hingga saat ini. Berbeda ketika seseorang menyimpannya di flashdisk.

Dikutip dari pontianakpost.com, [05/06/16]. Kalau ada virus akan hilang. “Belum lagi jika rusak sistemnya, dan sebagainya. Jadi begitu pula dengan buku. Bentuk print masih potensial,” paparnya.

Itu sebabnya, lanjut dia, jangan pernah ragu dan tetaplah semangat untuk menulis dan membukukannya. “Untuk Club Menulis IAIN Pontianak, tetaplah semangat menulis, tetap semangat menerbitkan.

Jangan terpengaruh media lain, teruama media elektronik. Bukan berarti Library Of Congress tidak peduli dengan electronic book, hanya saja kertas yang paling stabil,” terangnya.

Ia menilai perlu adanya lembaga yang memberikan apresiasi terhadap buku-buku karya penulis daerah. Seperti IKAPI yang bertanggung jawab untuk memperkenalkannya, terutama dalam event skala besar.

“Sering sekali ketika ada event pameran buku, IKAPI daerah kurang menampilkan karya-karya penulis daerah. Kadang semua penerbit daerah ada. Tetapi hanya untuk display saja.

Ketika ada orang ingin mendapatkan buku tersebut, ternyata tidak bisa. Sebab bukunya hanya pajangan, bahkan banyak yang meminjam dari perpustakaan daerah,” pungkasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *