Home ::: Berita Perpustakaan ::: Bupati Tuban: Membaca Belum Jadi Kebutuhan dan Budaya Masyarakat

Bupati Tuban: Membaca Belum Jadi Kebutuhan dan Budaya Masyarakat

Bupati Tuban: Membaca Belum Jadi Kebutuhan dan Budaya Masyarakat.

Dunia Perpustakaan | Keberadaan perpustakaan sangatlah penting dan hal ini mampu mengantarkan masyarakat menjadi bangsa yang cerdas dan sejahtera. Selain itu, Perpustakaan juga mempunyai peran penting dalam menciptakan masyarakat terpelajar dan terdidik, berbudaya tinggi serta mendorong terciptanya pembelajaran sepanjang hayat.

Hal ini disampaikan Bupati Tuban, H Fatchul Huda yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Tuban, Ir Hari Prasetyo MM pada launching Kantor Perpustakaan Umum Kecamatan Jenu yang diselengarakan oleh Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Tuban, Rabu (3/8) .
Masyarakat diajak untuk belajar atau membaca tidaklah mudah pada era sekarang, sebab membaca belum dirasakan sebagai kebutuhan dan menjadi budaya sebagian masyarakat. Karena itu, perlu adanya inovasi dan proaktif sebagai upaya agar masyarakat tertarik untuk datang serta memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar.
Dalam sambutannya bupati berharap agar semua elemen masyarakat di Kecamatan Jenu, khususnya perusahaan untuk ikut mendorong terwujudnya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan berpartisipasi aktif membantu setiap kegiatan di Perpustakaan Umum Kecamatan Jenu. Sehingga, lima tahun ke depan seluruh kecamatan di Kabupaten Tuban sudah memiliki Perpustakaan Umum.
Mengutip dari sumber beritametro.co.id, [04/08/16]. Sementara, Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Tuban, Joko Prijono, SH, M.Hum, mengatakan, setelah tahun lalu mampu mendirikan Perpustakaan Umum Kecamatan Kerek, kini pihaknya menambah lagi Perpustakaan Umum di Kecamatan Jenu. Adanya perpustakaan tersebut, diharapkan mampu memberikan pelayanan masyarakat demi mendukung peningkatan pendidikan dan kualitas SDM di wilayah Kecamatan Jenu dan sekitarnya.
“Ke depan melalui anggaran APBD Kabupaten Tuban, diupayakan setiap tahunnya ada penambahan 3 perpustakaan umum di kecamatan, sebab masih ada 14 kecamatan yang belum memiliki perpustakaan,” ujar Joko. Seperti diketahui, Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007, tentang Perpustakaan, Pasal 8 menyatakan bahwa pemerintah berkewajiban untuk menjamin penyelenggaraan dan pengembangan perpustakaan di daerah.
Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya mengembangkan layanan perpustakaan umum di berbagai tempat, yaitu di Kecamatan Tuban, Rengel, Jatirogo, Kenduruan dan Kerek, ditambah lagi dengan perpustakaan umum Kecamatan Jenu.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *