Home / Berita Perpustakaan / Demi Meningkatkan Pelayanan, Perpustakaan Soekarno-Hatta Dikembangkan Berbasis IT

Demi Meningkatkan Pelayanan, Perpustakaan Soekarno-Hatta Dikembangkan Berbasis IT

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Demi Meningkatkan Pelayanan, Perpustakaan Soekarno-Hatta Dikembangkan Berbasis IT.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Soekarno- Hatta milik Pemerintah Kabupaten Tegal, akan dikembangkan menjadi perpustakaan berbasis informasi teknologi (IT). Hal ini untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi.

Pengembangan perpustakaan berbasis IT ini, bekerja sama dengan salah satu perusahaan minuman ringan dalam program Perpuseru. Kasi Perpustakaan Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Tegal, Jamroni, mengatakan kerja sama dengan program Perpuseru, akan berlangsung selama dua tahun, dimulai 2016 ini.

Dalam program ini, perpustakaan Soekarno-Hatta mendapatkan bantuan empat unit komputer. Perangkat tersebut telah dimanfaatkan oleh pengunjung perpustakaan, yang sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa, untuk mendapatkan berbagai informasi. Petugas pepustakaan juga telah mendapatkan program pelatihan dari tim Perpuseru, terkait pengembangan perpustakaan berbasis IT.

Pelatihan ini dilaksanakan mulai 4 hingga 7 April, diikuti 25 peserta. Selain petugas perpustakaan, pelatihan itu juga diikuti sejumlah karyawan Bappeda, Dishubkominfo, Stikes Bhamada, Sekolah Tinggi Agama Islam Bhakti Negara (STAIBN), Taman Bacaan Masyarakat.

Materi

Dua pelatih, yakni Tahiyatur Ratih dan Badiatul Chusnia, memberikan materi tentang peningkatan perpustakaan berbasis IT, pengembangan perpustakaan, dan advokasi (promosi).

Dikutip dari suaramerdeka.com, [11/04/16]. ’’Dalam pelatihan ini, peserta diajarki cara melakukan promosi kepada pemangku kepentingan. Harapannya, mereka bisa untuk meningkatkan layanan di perpustakaan,’’ kata Jamroni.

Menurut dia, saat ini perpustakaan masih kurang mendapatkan perhatian. Anggaran yang diberikan juga tidak cukup untuk membiayai kegiatan dan rencana pengembangan perpustakaan. Oleh karena itu, dia mengetuk kepedulian perusahaan swasta untuk turut mengembangkan perpustakaan.

’’Harapan kami perpustakaan berbasi IT tidak hanya di perpustakaan daerah, melainkan juga merambah hingga ke desa,’’sebutnya. Tujuan program Perpuseru, adalah menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar