Home ::: Berita Perpustakaan ::: Desa Buku, Buka program Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS)

Desa Buku, Buka program Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS)

 Desa Buku, Buka program Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS).

Dunia Perpustakaan | UPTD Desa Buku di Kompleks Taman Kyai Langgeng (TKL) Kota Magelang bertekad meningkatkan pelayanan pada pengunjung. Salah satunya, akan menerapkan aplikasi yang berbasis digital.

Kepala UPTD Desa Buku Yekti Ningsih mengatakan, ada aplikasi terbaru yang bisa mempermudah pembaca. Yaitu, program Senayan Library Management System (SLIMS). Ini merupakan perangkat lunak untuk mengelola buku- buku perpustakaan.

Dikutip dari radarjogja.co.id, [05/08/16]. “Di zaman serba canggih ini, perpustakaan dituntut berinovasi mengikuti perkembangan teknologi. Terlebih sebagai upaya meningkatkan tingkat kunjungan yang saat ini dirasa belum memuaskan,” kata Yekti di kantornya.

Yekti mengungkapkan, mulai tahun ini pihaknya akan melakukan pembenahan. Salah satunya dalam pengelolaan buku dengan aplikasi SLIMS.

“Desa Buku hadir di TKL sudah cukup lama. Namun belum terkelola dengan baik,” ungkapnya.

Ia merinci, Desa Buku memiliki koleksi buku 8 ribu eksemplar, di mana 800 eksemplar merupakan buku-buku terbaru. Setiap hari, tempat ini dikunjungi 5-10 orang. Saat akhir pekan bisa lebih banyak lagi. Termasuk saat libur sekolah.

Project Manager Susilowati mengemukakan, penggunaan aplikasi SLIMS akan dilakukan bertahap. Mulai pembekalan pada tenaga Desa Buku dibantu sejumlah stakeholder. Seperti pustakawan, teknisi, dan lainnya. Juga menggandeng pustakawan dari SMP 7 Magelang.

“Saya gandeng pustawakan dari SMP 7 Magelang yang sudah menerapkan SLiMS di sekolahnya untuk membekali para tenaga di Desa Buku,” ungkapnya.

Ada tiga tahapan yang akan dilakukannya dalam menjalankan program ini. Yakni, tahap pendek, menengah, dan panjang. Tahap pendek, Susilowati akan menargetkan Desa Buku mampu menggunakan aplikasi SLiMS dalam dua bulan ke depan.

“Sebagai awalan, saya memasukan data 100 buku ke aplikasi dari 413 buku yang direncanakan. Kalau sukses, data semua buku yang ada di Desa Buku diinput. Untuk menuju ke sana tidak mudah. Karena terkendala SDM,” jelasnya

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *