Home / Berita Perpustakaan / Dirikan Perpustakaan Keliling, 4 Polisi ini Raih Penghargaan Kapolri!

Dirikan Perpustakaan Keliling, 4 Polisi ini Raih Penghargaan Kapolri!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Dirikan Perpustakaan Keliling, 4 Polisi ini Raih Penghargaan Kapolri!

Dunia Perpustakaan | Polisi selama ini identik hanya mengurusi terkait kemanan, namun tidak salah juga ketika diluar tugas utama, ada polisi yang berjuang sebarkan budaya baca di lingkungan sekitar.

Setidaknya ada empat orang polisi yang melakukan aksi sebarkan budaya baca untuk masyarakat sekitar, keempat polisi tersebut diantaranya,

  1. Brigadir Hudson Siahaan, Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam, Polres Sanggau-Kalbar
  2. Brigadir Dahmanto, Bhabinkamtibmas Desa Taman Indah, Polres Lombok Tengah-NTB
  3. Brigadir Arthur Hurulean, Bhabinkamtibmas Polres Maluku Tenggara-Maluku
  4. Brigadir Almuhalid, Bhabinkamtibmas Polres Buton-Sulawesi Tenggara.

Karena misi sosial mereka itulah maka polisi-polisi tersebut diundang Presiden Jokowi ke Istana. Tidak hanya itu saja, empat anggota Polri tersebut juga diberi penghargaan oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Penghargaan diberikan kepada anggota Bhabinkamtibmas itu karena ikut berperan serta salam memajukan pendidikan.

“Pemberian penghargaan tersebut sebagai wujud apresiasi dari Pak Kapolri karena 4 anggota Bhabinkamtibmas yang dalam kesehariannya di samping bertugas sebagai seorang Bhabinkamtibmas, juga berperan dalam memajukan taraf pendidikan di wilayah tugasnya,” terang Kepala Biro Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rikwanto dikutip dari detikcom, Jumat (5/5/2017).

Pemberian penghargaan itu digelar tepat di Hari Pendidikan tanggal 2 Mei lalu. Keempat (sebelumnya ditulis 3-red) anggota itu juga menjadi tamu di Istana Negara dan diundang makan siang secara khusus oleh Presiden RI Joko Widodo pada Rabu 3 Mei lalu.

Brigadir Hudson menyelenggarakan perpustakaan keliling bagi anak-anak di perbatasan Indonesia-Malaysia dengan menggunakan motor dinas dari desa ke desa. Sementara Brigadir Dahmanto dinilai berhasil dalam meningkatkan minat baca warga Kecamatan Pringgarata, Lombok Tengah dengan menjadikan mobil Suzuki Escudo miliknya sebagai perpustakaan keliling bagi warga setempat.

Hal yang sama, Brigadir Arthur juga membuat perpustakaan mini di Pos Yanmas Bhabinkamtibmas dan Satpol PP pada Pasar Langgun, Maluku Tenggara. Sedangkan Brigadir Almuhadid mendirikan rumah baca bagi anak-anak di Desa Bajo Bahari, Buton.

Undangan peesiden atas keempat anggota Polri ini berdasarkan penilaian yang dilakukan secara tertutup oleh Kemendikbud dan Staf Presiden, yang dianggap telah berhasil melakukan peningkatan mutu baca masyarakat melalui Perpustakaan Keliling yang mereka gagas.

“Mereka dinilai telah berbuat melebihi panggilan tugas, karena disampaing melaksanakan tugas pokoknya sebagai anggota polri, mereka juga turut berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” imbuh Rikwanto.

Atas prestasi dan pengabdian tersebut, keempatnya diberikan penghargaan berupa ticket holder untuk mengikuti Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi mendatang, walau secara administratif mereka seharusnya belum bisa untuk mengikuti jenjang pendidikan tersebut.

“Pak Kapolri sangat menghargai ketulusan para bhabinkamtibmas ini dalam melayani masyarakat, dan penghargaan yang diberikan diharapkan dapat memotivasi para bhabinkamtibmas lainnya di seluruh Indonesia untuk berlomba-lomba berbuat kebaikan,” tutup Rikwanto.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar