Home ::: Berita Perpustakaan ::: Dokter Ini Galang Dana untuk Bangun Perpustakaan di Mentawai
ilustrasi

Dokter Ini Galang Dana untuk Bangun Perpustakaan di Mentawai

Dokter Ini Galang Dana untuk Bangun Perpustakaan di Mentawai.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan merupakan slah satu sumber daya manusia yang sangat berharga, karena dengan adanya perpustakaan kita bisa mengetahui hal-hal yang belum pernah kita tahu. Maka dari itu setiap wilayah wajib memiliki perpustakaan untuk mencerdaskan warga masyarakatnya.

Tergerak untuk membantu anak Mentawai, Sumatera Barat meraih cita-cita setinggi-tingginya, dokter Novie bersama delapan orang dari Kementrian ESDM melakukan penggalangan dana untuk membangun perpustakaan di delapan desa yang ada di Kecamatan Sikakap, Mentawai.

Dokter Novie yang mengatakan keputusan membuat perpustakaan itu berawal dari kunjungan mereka ke desa-desa yang terletak di Kecamatan Sikakap, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Salah satunya adalah Dusun Korit Buah, Desa Sinaka, Kecamatan Sikakap.

Dikutip dari tribunPekanbaru, [31/08/16]. “Akses ke sana cukup sulit dan jauh. Perjalanan ke Kecamatan Sikakap saja dari Kota Padang harus menempuh perjalanan 10 jam menggunakan kapal feri. Dari Kecamatan Sikakap ke desa-desa menaiki perahu lagi dengan jarak tempuh empat hingga lima jam dan melakukan perjalanan darat menuju lokasi,” paparnya.

Dilanjutkan Novie, kondisi di desa-desa tersebut cukup memperihatinkan, mulai dari tidak ada sinyal, listrik hingga hanya memiliki satu SD. Kondisi sekolah juga tidak lebih bagus, dengan ruang kelas seadanya dan tidak memiliki perpustakaan.

“Melihat kondisi tersebut, muncul ide kami untuk membangun perpustakaan sebagai taman bacaan, sehingga minat baca anak-anak yang sudah belajar semakin meningkat dan mereka yang belum belajar jadi termotivasi untuk belajar. Selain itu rencananya kami juga ingin membantu pembangunan ruang belajar SD di Dusun Korit Buah, Desa Sinaka,” ucapnya.

Novie mengatakan hingga saat ini mereka sudah bergerak menggalang dana ke beberapa daerah di Indonesia salah satunya adalah Kota Pekanbaru. Ia menghimpun komunitas-komunitas yang mau berbagi dengan mereka. Selain itu juga lewat media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lewat situs kitabisa.com.

“Kami mengajak semua orang untuk membantu saudara kita di Mentawai tersebut. Bagi yang ingin bertanya atau berpartisipasi dalam bentuk dana maupun buku, dapat menghubungi Novie lewat sms atau WA ke nomor 081214991789,” tutupnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan

Bupati Banyuwangi Wajibkan Pelajar Kunjungi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Kita tentunya ikut bangga karena di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *