Home ::: Berita Perpustakaan ::: Dua Perpustakaan Kampung Juara Tingkat Provinsi

Dua Perpustakaan Kampung Juara Tingkat Provinsi

Dua Perpustakaan Kampung Juara Tingkat Provinsi.

Dunia Perpustakaan | Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Bumi Batiwakkal. Kini giliran perpustakaan kampung menjadi juara di tingkat provinsi tahun ini. Bahkan, Perpustakaan Kampung Teluk Bayur berhasil mendapat peringkat pertama.

Kepala Kantor Perpustakaan Berau, Rabiatul Islamiah menerangkan, ada dua perpustakaan kampung yang berprestasi tahun ini. Selain di Teluk Bayur, perpustakaan Kampung Tasuk juga mendapat peringkat harapan pertama.

“Dua tahun berturut perpustakaan tingkat kampung di Berau berhasil menjadi juara di tingkat provinsi. Tahun lalu Perpustakaan Kampung Pegat Bukur, kini di Teluk Bayur,” katanya kepada Berau Post, Selasa (31/5).

Jumlah penilaian perpustakaan Kampung Teluk Bayur bahkan bersilisih jauh dengan peringkat dua dari Balikpapan. Ini membuktikan kelebihan dari perpustakaan tersebut, jauh lebih baik.

Rabiatul-sapaan akrabnya- menjelaskan, kriteria utama menjadi juara adalah ketersediaan buku, sumbangan dari pengunjung serta sirkulasi. Namun, faktor lain yang membuat perpustakaan Kampung Teluk Bayur menjadi terbaik adalah sistem yang dibangunnya. Yakni dengan membuat sistem antarjemput untuk buku yang hendak dipinjam atau dikembalikan.

“Ini menjadi inovasi baru dalam pengembangan perpustakaan. Saya saja kaget dan mengapreasiasi hal tersebut,” ucapnya.

Selain itu, fungsi atau peran perpustakaan di masyarakat juga menjadi tolak ukur tersendiri. Misalnya, dengan membuat program belajar mengajar kepada anak-anak. Selain itu, memanfaatkan ruang aula untuk kegiatan yang lebih positif.

Dengan juaranya Perpustakaan Kampung Teluk Bayur di tingkat provinsi, maka akan dinilai lagi di tingkat nasional. Seperti Perpustakaan Kampung di Pegat Bukur yang tahun lalu juga berhasil masuk lima besar dalam cluster A.

Dengan prestasi ini, ia berharap agar perpustakaan di kampung lain memperbaiki kualitas. Pasalnya, keberadaan perpustakaan memiliki peran sentral dalam pengembangan masyarakat.

“Kami selalu melakukan pembinaan secara terus-menerus. Namun, juga perlu sokongan dari masyarakat dan pemerintahan kampung. Terlebih perpustakaan memiliki banyak manfaat, tidak hanya sebagai gudangnya ilmu,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Perpustakaan Teluk Bayur, Rahmali mengaku senang dengan prestasi yang ditorehkan. Ia berharap, prestasi ini dapat dipertahankan. Terlebih memaksimalkan fungsi perpustakaan untuk masyarakat di Teluk Bayur.

“Kami juga ingin membangun gazebo dan kantin sebagai fasilitas tambahan tahun ini. Serta kalau bisa dapat bantuan untuk ketersediaan taman. Dengan keindahan suasana di sekitar perpustakaan, saya berharap mampu menarik pengunjung serta membuat mereka betah berada di perpustakaan ini,” tandasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *