Home / Berita Perpustakaan / Empat Bangunan Perpustakaan Terkeren & Termegah di Dunia
Foto: onthecepot.wordpress.com

Empat Bangunan Perpustakaan Terkeren & Termegah di Dunia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Empat Bangunan Perpustakaan Terkeren & Termegah di Dunia.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan bukan hanya tempat untuk minyimpan ribuan buku, tapi juga merupakan sumber ilmu terbesar di dunia. Jika kita berkunjung ke perpustakaan daerah luar negeri tentunya kita akan kagum dengan koleksi buku yang tertata rapi disana.

Namun dibalik itu desain bangun perpustakaan sering sekali mngundang decak kagum para pengunjung. Dengan bangunan yang begitu unik dan mengagumkan.

Tampilan luar bangunan perpustakaan ini begitu mengagumkan. Begitu juga dengan koleksi buku-buku yang tersimpan di dalamnya. Di mana saja desain bangunan itu?

Dikutip dari Liputan6.com, berikut ini adalah 4 bangunan perpustakaan paling keren di dunia versi CN Traveler.

 

#1. Bibliotheca Alexandrina – Alexandria, Mesir

Alexandria pada zaman dahulu pernah memiliki perpustakaan paling terkenal di seluruh dunia. Sekarang, kota ini juga pun masih memiliki bangunan tempat koleksi beragam buku yang cukup baik.

Bangunan yang satu ini terbuat dari granit yang ramping. Perpustakaan yang memiliki struktur melingkar ini didirikan khususnya didedikasikan untuk melestarikan dan memulihkan naskah kuno.

Bibliotheca Alexandrina, Alexandria, Mesir

#2. Seattle Public Library – Washington DC

Bangunan yang satu ini dirancang oleh Rem Koolhaas, arsitek pemenang Pritzke. Perpustakaan umum Seattle ini memiliki lapisan luar yang terdiri dari kaca dan baja.

Perpustakaan ini memiliki 11 lantai. Anda dapat melihat seantero Kota Washington mulai dari lantai ke-10 bangunan tersebut.

Seattle Public Library, Washington DC

 

#3. Royal Portuguese Reading Room – Rio de Janeiro, Brasil

Bangunan ‘istana’ yang diisi oleh jutaan buku ini terinspirasi dari biara Jeronimos di Lisbon, Portugal. Interior perpustakaan ini dilengkapi dengan jendela kaca pada langit-langit, sehingga cahaya matahari bebas masuk. Keren!

Royal Portuguese Reading Room, Rio de Janeiro, Brasil

#4. State Library of South Australia – Adelaide, Australia

Perpustakaan ini jika dilihat dari luar sangat modern, karena berbentuk seperti kotak kaca. Tetapi jika masuk ke dalam, suasananya akan berbeda sekali. Mirip seperti latar pada film Harry Potter.

Perpustakaan ini memfokuskan koleksinya pada subjek sejarah Australia.

State Library of South Australia, Adelaide, Australia

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *