Home / Berita Perpustakaan / Fasilitas Memadai, Pengunjung Perpustakaan Meningkat
Ilustrasi

Fasilitas Memadai, Pengunjung Perpustakaan Meningkat

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Fasilitas Memadai, Pengunjung Perpustakaan Meningkat.

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan dan Arsip Daerah milik Pemerintah Provinsi Kalsel menjadi tempat favorit para remaja menghabiskan waktu membaca sambil menunggu beduk berbuka puasa. Koleksi buku yang menarik ditambah dengan fasilitas internet gratis yang disediakan pihak pengelola berhasil menyedot warga untuk berkunjung ke perpustakaan daerah.

Selama bulan Ramadan jumlah kunjungan ke perpustakaan meningkat 5 persen. Kalau di luar bulan Ramadan, pengunjung biasanya sekitar 150-200 orang. Peningkatan tersebut terjadi mulai dari pukul 11.00-16.00 Wita.

Dikutip dari porkal.co, [17/06/16].“Sejak hari pertama Ramadan hingga sekarang, jumlah pengunjung ke perpustakaan terus meningkat,” ujar Sekretaris Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kalsel, Drs H Muhammad, ketika ditemui di kantornya, kemarin.

Para pengunjung yang datang ke perpustakaan pada bulan Ramadan adalah para pelajar dan mahasiswa. Layanan internet gratis yang paling banyak dikunjungi pelajar dan mahasiswa. Untuk layanan internet gratis, pihaknya menyediakan tempat di lantai dasar. Sedangkan untuk fasilitas membaca, disediakan di lantai satu dan dua gedung utama perpustakaan daerah.

Dari pantauan Radar Banjarmasin, suasana hening dan suhu udara yang sejuk membuat para pengunjung betah membaca koleksi buku dan menggunakan fasilitas internet gratis. “Koleksi buku di Perpustakaan ini jumlah sekitar 350.000 eksemplar dengan jumlah judul buku sekitar 150.000,” bebernya.

Ia mengungkapkan, koleksi buku di perpustakaan ini terbilang masih kurang. Untuk menutupi kekurangan koleksi buku di perpustakaan daerah, pihaknya juga menyediakan layanan koleksi buku di internet. “Bila koleksi buku yang dicari di perpustakaan tidak ketemu maka bisa dicari melalui internet yang terhubung langsung di layanan internet di perpustakaan daerah,” ujarnya.

Selain membaca, para pelajar dan mahasiswa yang datang ke perpustakaan ini mengerjakan tugas sekolah atau skripsi. “Mereka biasa mencari bahan dan data  untuk pengerjaan tugas dan skripsi,” katanya.

Sementara itu, Fahriza, mahasiswa Uniska Banjarmasin mengatakan, ia datang ke perpustakaan bersama dengan teman-temannya. Alasannya datang ke perpustakaan karena ada layanan internet gratis. “Internet disini kecepatannya lumayan untuk mendownload,” ujarnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar