Home ::: Artikel Perpustakaan ::: Finlandia Negara Paling Terpelajar di Dunia dengan Peringkat Pertama, Indonesia Peringkat Ke-60
Little boy intent on reading book at school desk

Finlandia Negara Paling Terpelajar di Dunia dengan Peringkat Pertama, Indonesia Peringkat Ke-60

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Finlandia Negara Paling Terpelajar di Dunia dengan Peringkat Pertama, Indonesia Peringkat Ke-60.

Dunia Perpustakaan | Dalam sebuah studi yang dilakukan John Miller, presiden Universitas Central Connecticut State di New Britain, menempatkan Finlandia sebagai negara paling terpelajar di dunia.

Riset ini menekankan pada hasil ujian literasi dan juga melihat apa yang disebut sebagai “karakteristik sikap terpelajar” misalnya jumlah perpustakaan dan koran hingga lamanya sekolah serta ketersediaan komputer di sebuah negara.

Jadi, riset ini bukan melulu melihat kemampuan penduduk sebuah negra dalam membaca atau menulis. Riset ini mencoba menyusun peringkat negara-negara berdasarkan “perilaku terpelajar dan sumber daya yang mendukungnya”.

Dari 200 negara yang diteliti, akhirnya hanya 61 negara yang bisa diteliti karena minimnya data dan statistik untuk negara-negara lainnya.

Hasilnya, negara-negara Skandinavia mendominasi peringkat teratas. Setelah Finlandia di peringkat teratas, disusul Norwegia dan Islandia.

Dikutip dari nationalgeographic.co.id, [18/04/16]. Sedangkan Denmark dan Swedia melengkapi dominasi negara Skandinavia di posisi lima besar.

Sementara itu, Swiss berada di posisi keenam, AS ketujuh, Kanada ke-11, Perancis ke-12 dan Inggris di peringkat ke-17.

Di papan bawah, Botswana menjadi juru kunci di peringkat ke-61 sementara di atasnya terdapat Indonesia dan Thailand (59).

Laporan ini juga menyimpulkan bahwa jika yang difokuskan hanya kemampuan membaca maka hasilnya akan jauh berbeda.

Jika hanya masalah bebas dari buta huruf maka Singapura berada di peringkat teratas, disusul Korea Selatan, Jepang dan China.

Sementara Finlandia adalah satu-satunya negara Eropa yang duduk di peringkat atas yaitu posisi dua bersama Korea Selatan.

Jika penilaian ditambah dengan jumlah perpustakaan dan jumlah buku di perpustakaan maka Estonia, Latvia dan Norwegia menjadi pemuncak.

“Saat faktor-faktor selain kemampuan membaca dimasukkan maka tak ada negara Asia yang masuk 25 besar,” demikian hasil laporan riset tersebut.

Miller menambahkan, studi ini juga menyimpulkan tidak ada korelasi antara masa belajar dan biaya sekolah dengan hasil ujian seseorang.

Miller sangat yakin Finlandia, Norwegia, Islandia, Denmark dan Swedia menduduki peringkat lima besar karena secara budaya warga kelima negara ini sangat gemar membaca.

Inilah ke-10 negara paling terpelajar di dunia:

  • 1. Finlandia
    2. Norwegia
    3. Islandia
    4. Denmark
    5. Swedia
    6. Swiss
    7. Amerika Serikat
    8. Jerman
    9. Latvia
    10.Belanda

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar