Home ::: Berita Perpustakaan ::: Gedung Arpusda Kabupaten Purworejo Belum Representatif
Masyarakat memanfaatkan teras Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo untuk kegiatan pelatihan komputer (Suaramerdeka.com)

Gedung Arpusda Kabupaten Purworejo Belum Representatif

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Gedung Arpusda Kabupaten Purworejo Belum Representatif.

Dunia Perpustakaan |  Gedung Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kabupaten Purworejo dinilai belum representatif. Pasalnya, gedung ini tidak dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti aula, laboratorium komputer, audiovisual, tempat pelatihan dan kegiatan permainan edukatif serta lainnya. Kondisi ini yang menyebabkan angka kunjungan masyarakat ke perpustakaan minim dan terkesan sepi pengunjung.

Warga Kecamatan Kutoarjo, Arinto Murti (32) mengungkapkan, memang idealnya gedung perpustakaan dilengkapi fasilitas pendukung yang memadai. Karena, jika seperti yang ada saat ini, menurut dia, masyarakat memandang kondisi perpustakaan saat ini kurang nyaman.

Dikutip dari Suaramerdeka.com, [30/09/16].  ”Jadi bagaimana masyarakat akan datang kalau suasana kurang nyaman. Semoga kedepan, gedung dan fasilitasnya dapat ditingkatkan agar lebih representatif,” ungkapnya.

Senada, Kholilurrohman (29), warga Purworejo mengungkapkan, keberadaan perpustaan saat ini memang kurang diminati masyarakat, apalagi generasi muda. Karena, saat ini sudah jamannya android, tinggal mengakses layanan Google, semua informasi dapat terserap.

“Saat ini sudah jamannya android, semua informasi bisa diakses dengan mudah. Kalau perpustaan tidak ingin ‘mati’ ya harus terus berinovasi agar menarik dan semakin bermanfaat,” tutur dia.

Kepala Arpusda Purworejo, Didik Budi Prasetyo membenarkan hal tersebut. Memang saat ini gedung perpustakaan dirasa masih kurang representatif dan pihaknya sudah berupaya mengajukan permohonan peningkatan fasilitas perpustakaan.

“Rencananya melalui RKPP 2017, kami akan dibangunkan gedung baru di wilayah Banyuurip. Semoga segera terwujud dan nantinya pengunjung semakin nyaman,” ungkapnya kepada Suara Merdeka, kemarin.

Menurut dia, idealnya gedung perpustakaan memang dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti laboratorium komputer, audiovisual, aula dan jika perlu tempat permainan edukatif. Bukan hanya itu, rak buku, meja baca dan ruangan yang nyaman juga sangat diperlukan guna menciptakan suasana perpustakaan yang bersih, rapi, teratur dan nyaman.

“Apalagi kalau ada tempat permainan edukatif, tentu banyak orang tua mengajak anaknya ke perpustakaan,” harap dia.

Sejauh ini, lanjut dia, untuk lebih memberikan rasa nyaman, pihaknya juga terus berupaya membenahi sarana penunjang kepada pengunjung. Pembenahan yang dilakukan, yakni dengan menambah fasilitas wifi pada gedung Arpusda yang difasilitasi Telkom. “Sehingga, pengunjung yang datang ke perpustakaan juga bisa mudah mengakses layanan internet gratis disela-sela kunjungan tersebut,” beber dia.

Menurut dia, selain upaya meningkatkan angka kunjungan masyarakat di Arpusda, dukungan untuk meningkatkan minat baca masyarakat juga dilakukan dengan mendatangkan mobil perpustakaan keliling ke berbagai sekolah dan lingkungan masyarakat. Tercatat, ada tiga mobil perpustaan keliling yang sengaja disiapkan guna menjangkau masyarakat di wilayah-wilayah kecamatan, utamanya di wilayah pinggiran.

“Kami berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan, dan ke depan pelatihan bakal semakin fariatif, serta optimalisasi mobil perpustakaan keliling diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, sehingga nantinya pengetahuan masyarakat akan meningkat. Bahkan harapan kami, dengan pelatihan komputer, kedepan masyarakat kita semakin melek dengan teknologi (tidak gagap teknologi),” harap Didik.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *