Home ::: Berita Perpustakaan ::: Genjot Minat Baca, Banyuwangi Sediakan Container Library
Inilah Container Library di Banyuwangi yang sedang tahap proses pengerjaan. |gambar; dispussipbanyuwangi.id

Genjot Minat Baca, Banyuwangi Sediakan Container Library

Genjot Minat Baca, Banyuwangi Sediakan Container Library!

Dunia Perpustakaan | Untuk anda warga Banyuwangi, anda layak bangga memiliki Bupati yang begitu peduli memajukan daerahnya. Tidak hanya secara ekonomi dan pariwisatanya saja, namun juga dalam memajukan budaya baca.

Jika beberapa saat lalu Bupati yang sudah beberapa kali raih penghargaan internasional ini akan melakukan revitalisasi besar-besaran perpustakaan di Banyuwangi, dalam waktu dekat juga akan dibangun Container Library di Banyuwangi.

[Baca juga: Perpustakaan di Banyuwangi Akan Dilakukan Revitalisasi Besar-besaran]

Dikutip dari detikNews [7/2/2017], Demi meningkatkan minat baca di kalangan siswa, Banyuwangi kini menyiapkan container library yang diletakkan di sejumlah titik strategis. Untuk tahap awal dibangun di dekat Stadion Diponegoro.

Kontainer juga disiapkan di destinasi wisata. Kotak-kotak besi jendela dunia tersebut berisi beragam buku dengan suasana di sekitarnya yang dibangun senyaman mungkin.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku pihaknya telah menyiapkan berbagai program untuk meningkatkan literasi di masyarakat. Selain menyiapkan container library, dari sisi sarana dan prasarana, ada mobil dan motor perpustakan keliling yang bertugas di seluruh wilayah Banyuwangi.

Terlebih saat ini dihadapkan pada kenyataan rendahnya minat baca penduduk Indonesia, termasuk di kalangan anak-anak.

[Baca juga:Literasi Rendah Ladang Hoax : Warga Membaca Berita Tak Sampai 1 Menit!]

“Kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh minat baca masyarakatnya. Untuk kontainernya sekarang sedang didesain dan ditata isinya. Tahun ini juga akan kita tambah kontainer serupa di sejumlah titik, termasuk di destinasi wisata,” kata Anas di lounge Pemkab Banyuwangi, Selasa (7/2/2017).

[Baca juga: Miris! Minat Baca Indonesia Diurutan ke 60 dari 61 Negara!]

Selain menyediakan sarana prasarana, sambung Anas, Pemkab Banyuwangi mewajibkan siswa dari tingkat SD-SMP sederajat berkunjung ke perpustakaan daerah (Perpusda) satu pekan dalam sekali. Bukan hanya membaca, mereka juga diminta untuk membuat ringkasan atas buku yang telah dibacanya.

Anas menjabarkan, ada sedikit paksaan dibuat agar siswa mau datang dan membaca ke perpustakaan. Perpustakaan milik sekolah juga diinstruksikan supaya dibuka bagi umum. Dengan rangsangan ini, sekolah-sekolah juga berupaya untuk inovasi meningkatkan minat baca.

[Baca juga: Minat Baca Rendah, Tapi Cerewet Banget! Itulah Netizen Indonesia]

Pemkab juga mewajibkan di setiap kantor desa diadakan perpustakaan desa. Ada tiga mobil keliling yang setiap harinya mengunjungi sekolah, pondok pesantren dan perguruan tinggi. Kewajiban mengunjungi perpustakaan merupakan salah satu cara mendorong budaya membaca di masyarakat.

“Di awal memang perlu kita sedikit paksa untuk membentuk kebiasaan. Karena itu, perlu dilakukan pendekatan khusus untuk menumbuhkan kecintaan siswa pada buku. Nah, apalagi seiring program Smart Kampung, di tiap kantor desa harus disediakan perpustakaan,” jelas Anas.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Banyuwangi, Abdul Kadir, menambahkan program mewajibkan berkunjung ke perpusda dilakukan sejak bulan Februari 2017. Masing-masing sekolah diwajibkan mengirim 50-100 siswanya setiap minggunya.

“Selain membaca buku, anak-anak juga diwajibkan membuat resume buku yang telah dibacanya,” tutup mantan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Banyuwangi tersebut.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *