Home ::: Berita Perpustakaan ::: Gerakan Seribu Buku untuk Tuna Netra, Diluncurkan Kemenko PMK

Gerakan Seribu Buku untuk Tuna Netra, Diluncurkan Kemenko PMK

Gerakan Seribu Buku untuk Tuna Netra, Diluncurkan Kemenko PMK.

Dunia Perpustakaan | Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meluncurkan gerakan “Seribu Buku Untuk Tuna Netra melalui Pengetikan Ulang Buku Teks” bagi penyandang disabilitas di Tanah Air.

“Gerakan Seribu Buku untuk Tuna Netra ini diluncurkan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional,” kata Deputi bidang Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan dan Perlindungan Sosial, Kemenko PMK, Tb Achmad Choesni yang mewakili Menko PMK Puan Maharani di Jakarta, Selasa (17/5).

Dalam kesempatan tersebut, deputi menyebutkan bahwa Menko PMK sangat mengapresiasi kegiatan tersebut dan berharap dapat memberikan akses kemudahan informasi melalui bacaan khususnya bagi penyandang disabilitas netra.

Sementara itu, dalam acara tersebut juga diluncurkan “Digital Audiobook Library for the Blind” yaitu sebuah aplikasi web yang dapat dipergunakan penyandang tuna netra membaca buku secara online dengan fitur-fitur Text-to-Speech dan teknologi lainnya.

Tujuannya guna menambah koleksi bahan pustaka yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dikutip dari skalanews.com, [17/05/16]. “Diharapkan, gerakan ini akan memberikan efek yang makin membesar bagi semua pihak terutama menjaring para relawan khususnya anak-anak muda untuk mau mengetik buku yang nantinya akan berubah menjadi versi huruf braille dan juga versi audiobook,” kata deputi.

Dengan demikian, kata dia, para penyandang tuna netra di tanah air makin luas kesempatannya menikmati bahan bacaan yang ada lewat 43 perpustakaan yang sudah memiliki peralatan audiobook di seluruh Indonesia.

Dia menambahkan, hingga saat ini sudah ada tiga pemerintah daerah yang siap mendukung keberadaan perpustakaan digital untuk para penyandang tuna netra.

Ketiga pemerintah daerah dimaksud yaitu Pemerintah Kota Bogor, Kota Bandung dan Kota Surabaya.

“Semoga semua pemerintah daerah juga akan melakukan hal yang sama dengan memanfaatkan teknologi yang kita punya saat ini,” katanya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China

Mengintip Kemegahan dan Kenyamanan Perpustakaan Nasional China. Dunia Perpustakaan || “Tuntutlah Ilmu sampai ke negeri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *