Home ::: Berita Perpustakaan ::: Gerobak Batja, Perpustakaan Publik Tingkatkan Literasi dari Kota Semarang
Pengelola Gerobak Batja, Widiantoro (pic: suaramerdeka.com)

Gerobak Batja, Perpustakaan Publik Tingkatkan Literasi dari Kota Semarang

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Gerobak Batja, Perpustakaan Publik Tingkatkan Literasi dari Kota Semarang.

Dunia Perpustakaan | Berawal dari keprihatinan mengenai gairah membaca anak-anak yang lesu, sejumlah alumnus SMA3 Semarang Angkatan 1999 membuat perpustakaan di tempat terbuka. Buku-buku ditempatkan di dalam gerobak dan beroperasi setiap akhir pekan di taman-taman kota.

Program literasi ini dinamakan Gerobak Batja dan diluncurkan di Taman Tirto Agung, Banyumanik pada Minggu (11/9). Pengelola Gerobak Batja, Widiantoro mengatakan, program itu merupakan gagasan untuk membangun perpustakaan yang mudah diakses oleh publik dan tersedia gratis bagi siapapun.

Dia mengatakan, ide pembuatan gerobak ini berawal dari sekumpulan teman yang kerap berdiskusi di sebuah grup yang bernama ”Diskusi Mlandingan”. Kelompok tersebut terdiri dari teman alumni SMA3 Angkatan 99 (Alaste 99) yang hobi bermain musik. Muncul ide dalam untuk membuat perpustakaan publik.

Ide tersebut terealisasi setelah ada inisiatif dari Widiantoro, salah seorang anggotanya, yang kemudian berinisiatif menyumbangkan koleksi 6.000 eksemplar buku pribadinya. ”Ide tersebut dilanjutkan dengan gotong royong pendanaan guna membuat gerobak yang berisi berbagai buku,” ujarnya, kemarin.

Serangkaian ujicoba membuka perpustakaan publik ini telah dilakukan sebanyak dua kali. Respon dari masyarakat positif, sehingga program ini diresmikan. Peluncuran dimeriahkan dengan lomba mewarnai dan mendongeng untuk menarik minat anak-anak. Dia berharap, Gerobak Batja berkembang di berbagai ruang publik di Semarang.

Dijelaskannya, dengan adanya Gerobak Batja ini diharapkan mendorong pertumbuhan budaya membaca di kalangan anak-anak. ”Diharapkan setiap taman kota atau ruang publik lainnya akan ada Gerobak Batja tumbuh di atasnya. Dengan demikian, tidak ada lagi kisah kemiskinan literasi bagi bangsa ini. Sebuah mimpi yang indah dan mereka berharap mereka tidak bermimpi sendiri,” ungkapnya.

Dikutip dari suaramerdeka.com, [14/09/16]. Widiantoro lahir dari keluarga sederhana tanpa fasilitas berarti dari kedua orang tuanya, tidak menghalangi untuk menggapai mimpinya. Berangkat dari dunia teater yang digeluti sejak masa SMP, dia memutuskan untuk melanjutkan karier di dunia perfilman. Dengan perjuangan yang tidak mudah, dia akhirnya bisa menapaki jalur di dunia film hingga menjadi asisten sutradara.

Sebagai pelajar otodidak di dunia film dia sangat menghargai pentingnya arti membaca bagi pengembangan kehidupan seseorang. Tidak mungkin karier yang dia jalani dapat dia tempuh tanpa kebiasaan membaca yang intensif. Kebiasaan membaca sejak kecil membuat dia mempunyai koleksi ribuan buku di rumahnya yang jauh dari kata mewah.

Kebiasaan ini yang ingin dia tularkan kepada lingkungan sekitar terutama di kalangan anak anak. Keresahan muncul dalam benaknya melihat laporan rendahnya minat baca terutama di kalangan anak anak.

Gayung bersambut ketika teman-teman satu almameternya dulu di SMA3 menelurkan ide pembuatan perpustakaan yang bisa diakses siapa saja di ruang publik secara gratis. Tanpa pikir panjang dia langsung donasikan ribuan bukunya. ”Saya hanya ingin anak-anak gemar membaca sehingga tercapai mimpinya membangun masyrakat yang lebih cerdas. Indonesia harus cerdas,” katanya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *