Home ::: Sosok ::: Guru Honorer Ini Sulap Mobil Tua, Menjadi Pustaka Keliling

Guru Honorer Ini Sulap Mobil Tua, Menjadi Pustaka Keliling

 Guru Honorer Ini Sulap Mobil Tua, Menjadi Pustaka Keliling.

Dunia Perpustakaan | Warkina (35), Sosok pria yang mempunyai kepedulian luar biasa bagi pendidikan anak-anak di desanya. Warga Desa Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon itu begitu prihatin melihat masyarakat di desanya jarang sekali membaca buku. Bahkan, anak-anak di sana tidak ada yang pernah benar-benar merasakan nikmatnya membaca.

Berawal dari keprihatin tersebut, pria yang juga berprofesi sebagai guru honorer itu setiap hari berkeliling desa. Dengan mobil tuanya, dia menjajakan buku-buku bacaan untuk masyarakat dan anak-anak di desanya secara cuma-cuma, alias gratis.

“Saya mulai mencoba membuat perpustakaan di rumah dengan bermodalkan 100 buku. Lama-kelamaan, saya pun coba berkeliling dengan kendaraan tua ini,” katanya kepada “FC”, Selasa (8/8).

Hingga saat ini, buku yang dimiliki perpustakaan keliling Warkina baru 350 buah. Meskipun belum pernah ada pihak yang memperhatikan perjuangannya, Warkina tidak pernah patah semangat menyebarkan virus membaca kepada masyarakat.

Tak puas dengan jumlah buku yang terbatas, Warkina terus menambah koleksi buku-bukunya dari kantongnya sendiri. Dia seringkali membeli buku-buku bekas berharga murah untuk memenuhi kebutuhan membaca masyarakat.

Dikutip dari fajarnews.com, [08/08/16]. Namun buku yang dimiliki Warkina kebanyakan adalah bacaan untuk remaja dan orang dewasa. Dia masih membutuhkan banyak sekali buku untuk anak-anak.

“Jumlah buku kami sangat terbatas. Dulu hanya 100 buku dan sekarang bertambah menjadi 350 buku. Tapi tetap kurang karena banyak buku yang sebenarnya tidak sesuai dengan umur pembaca,” kata Warkina.

Warkina selalu bangga dengan kegiatannya berkeliling menawarkan buku bacaan untuk masyarakat. Menurutnya, yang paling membuat dia bahagia adalah saat melihat anak-anak dengan senangnya melahap setiap buku yang dia bawa. Di tengah kegiatan bermainnya, ternyata anak-anak masih mau membaca.

“Saya merasa sangat senang melihat anak-anak masih sempat membaca di tengah kegiatan bermain mereka. Itulah yang membuat saya tidak berhenti dan kembali bersemangat mengumpulkan buku-buku untuk mereka,” ungkapnya.

Warkina pun punya harapan besar agar dahaga membaca yang dimiliki anak-anak itu bisa disambut baik pemerintah daerah. Dia ingin pemerintah memberikan buku-buku bekasnya untuk bisa disimpan di perpustakaan mobil tuanya, kemudian dibaca anak-anak di desanya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Kades Bringinan Kampanyekan Gemar Membaca, dengan Dirikan Rumah Baca

Kades Bringinan Kampanyekan Gemar Membaca, dengan Dirikan Rumah Baca. Dunia Perpustakaan | Keinginan Barno selaku …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *