Home ::: Berita Perpustakaan ::: Hanya 4.000 Perpustakaan yang Berjalan Baik, di Seluruh Indonesia
perpustakaan

Hanya 4.000 Perpustakaan yang Berjalan Baik, di Seluruh Indonesia

Hanya 4.000 Perpustakaan yang Berjalan Baik, di Seluruh Indonesia.

Dunia Perpustakaan | Dari ribuan perpustakaan yang ada di Indonesia, hanya sekitar 4.000 yang masih berjalan baik. Itu pun berada di kota–kota besar. Sementara sisanya berjalan seadanya.

Untuk itu diperlukan kreativitas pengelolanya. Di samping itu, perpustakaan tersebut juga harus dilengkapi fasilitasnya. Seperti misal tempat parkir yang memadai, kantin, musik dan lainnya.

Demikian disampaikan anggota DPR RI dari Komisi X, Jamal Mirdad, Kamis (1/9)

Jamal yang datang di Kendal dalam rangka acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, menambahkan, saat ini pemerintah sedang menggalakkan masyarakat gemar membaca. Sebab membaca bisa menambah pengetahuan.

Dikutip dari tribunPekanbaru.com, [01/09/16]. “Setiap desa harus punya perpustakaan. Biar masyarakat desa mempunyai kesempatan yang sama dengan masyarakat kota,” kata dia.

Kepala Directorat Deposit Bahan Pustaka Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Lucya Dhamayanti, indeks pembangunan manusia di Indonesia masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masih rendahnya kualitas pendidikan masyarakat.

“Salah satu kendala untuk meningkatkan kualitas itu adalah belum meratanya perpustakaan,” kata Lucya.

Di samping itu, sebut dia, tingginya budaya tutur dibandingkan budaya baca masyarakat juga menjadi penyumbang rendahnya kualitas SDM. “Saya mendukung adanya perpustakaan ditiap pedesaan, “ ujarnya.

Sementara itu, Kepala kantor perpustakaan dan arsip daerah Kabupaten Kendal, Toto Karyono, mengaku dari 266 desa yang ada di Kabupaten Kendal, baru 83 desa yang sudah mempunyai perpustakaan. Rencananya akan ada 15 desa lagi, yang membuat perpustakaan pada tahun ini.

“Kami berharap, pada tahun 2019, semua desa yang ada di kendal, sudah mempunyai perpustakaan,” tambahnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *