Home / Berita Perpustakaan / Heboh! 2 Truk TNI dan 1 Mobil Polisi Militer Usir Perpustakaan Jalanan di Bandung
Aktivitas perpustakaan jalanan yang selalu memberikan bacaan gratis kepada anak jalanan dan siapapun |gambar: akun facebook Perpustakaan Jalanan

Heboh! 2 Truk TNI dan 1 Mobil Polisi Militer Usir Perpustakaan Jalanan di Bandung

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Heboh! 2 Truk TNI  dan 1 Mobil Polisi Militer Usir Perpustakaan Jalanan di Bandung!

Dunia Perpustakaan | Baru-baru ini sempat heboh terkait dengan insiden yang menimpa para pejuang literasi Perpustakaan Jalanan di Bandung. Dimana dalam insiden tersebut terjadi pengusiran yang dilakukan oknum TNI kepada para pejuang literasi Perpustakaan Jalanan.

Berikut ini merupakan kronologi pengusiran tersebut yang kami kutip langsung dari akun Perpustakaan Jalanan,

Terhadap kekerasan TNI di Bandung dalam upaya penertiban aktivitas di ruang publik.

Pada Sabtu tanggal 20 Agustus 2016, kolektif Perpustakaan Jalanan melakukan kegiatan seperti biasanya, yaitu menggelar lapak baca buku gratis di taman Cikapayang Dago, Bandung.

Kegiatan melapak buku berjalan seperti biasanya sampai pukul 23.00 ketika datang 2 truk TNI , 1 mobil polisi militer, mobil preman, dan sepeda motor.

Kurang lebih membawa 50 personil. Merek membawa senjata api dan pentungan rotan.

Turun dari kendaraan mereka membubarkan kerumunan orang di sekitar Taman Cikapayang sambil berteriak dan membentak-bentak dengan kasar “bubar.. ,bubar…”

Dalam pembubaran itu, salah seorang aparat TNI tanpa sebab yang jelas memukuli tiga orang kawan dari Perpustakaan Jalanan. Bagi kami pemukulan tersebut adalah tindakan brutal tanpa alasan yang harus dikutuk.

Pembubaran terhadap kegiatan masyarakat biasa bukan hanya kali ini saja terjadi. Pada beberapa minggu terakhir TNI berkali-kali melakukan pembubaran serupa.

Maka dengan ini kami menolak dan mengutuk perlakuan intimidatif dan represif yang dilakukan oleh TNI. Tindakan demikian akan mengancam kehidupan sipil. Perlu pula digarisbawahi bahwa TNI sama sekali tidak berwenang melakukan penertiban kegiatan masyarakat sipil.

Atas peristiwa pengusiran yang dialami oleh pejuang literasi Perpustakaan Jalanan tersebut, maka melalui akun resminya, Perpustakaan Jalanan membuat 3 pernyataan sikap.

Berikut ini merupakan 3 pernyataan sikap pejuang literasi Perpustakaan Jalanan atas insiden pengusiran tersebut.

  1. Mengutuk perlakuan yang dilakukan oleh TNI di bandung dalam penertiban yang memakai cara cara intimidatif dan kekerasan.
  2. Menolak TNI kembali masuk dalam kehidupan sipil.
  3. Stop sweeping serta penertiban oleh TNI.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar