Home ::: Inspirasi Literasi ::: Hore! Ada Perpustakaan Keliling & Taman Bermain di TPA Randegan

Hore! Ada Perpustakaan Keliling & Taman Bermain di TPA Randegan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Hore! Ada Perpustakaan Keliling & Taman Bermain di TPA Randegan.

SilahkanSHARE.com | Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tak selalu menjadi tempat yang berkesan  jorok dan harus dihindari anak-anak, namun di TPA Randegan, Kelurahan Kendudung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto justru nyaman untuk dibuat bermain dan belajar. Selain ada ruang terbuka hijau dan taman bermain, di sini juga ada perpustakaan keliling.

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Mojokerto menggandeng Kantor Arsip dan Perpustakaan menghadirkan perpustakan keliling untuk masyarakat di TPA Randegan. Tak hanya dikhususkan untuk orang dewasa, buku-buku di perpustakaan keliling juga bisa dibaca anak-anak karena koleksi yang ditawarkan untuk semua umur.

Kasi Pelayanan dan Pelestarian Bahan Pustaka, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto, Hatta Amrulloh mengungkapkan, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto memiliki tiga program yakni lingkungan hidup, jangan bermain api dan tema umum. “Salah satunya yakni dengan menghadirkan perpustakaan di TPA ini,” ungkapnya.

Masih kata Hatta, tujuannya tidak lain yakni ingin melayani untuk usia dini dengan cara mendatangi tempat yang menyenangkan sehingga proses edukasi bisa berjalan dengan sendirinya. Dengan mendekati masyarakat dengan mendatangi tempat disenangi, lanjut Hatta, diharapkan tujuan tersebut akan lebih mengena.

“Apalagi di TPA, anak-anak bisa melihat secara langsung penggeloan sampah sehingga selain membaca buku juga bisa belajar langsung. Selain perpustakaan keliling ini, DKP juga menyediakan perpustakaan di TPA. Rencananya, tahun depan kita akan menghadirkan countener di alun-alun, taman benteng dan hutan kota,” katanya.

Hatta menjelaskan, di perpustakaan keliling koleksi buku-bukunya tidak hanya untuk anak-anak atau orang dewasa saja tapi menjaring semua usia masyarakat. Namun lanjut Hatta, perpustakaan lebih diarahkan untuk anak-anak karena dari hasil survey jumlah pengunjung puspustakaan lebih banyak anak-anak.

Dikutip dari sumber beritajatim.com, [25/07/16]. “Surveinya banyak anak usia sekolah yang datang ke Kantor Arsip dan Perpustakan. Selain itu, kita ada kelas inspirasi yang di dalamnya ada pengenalan cara pembuatan kompos dan lainnya dan respon masyarakat cukup bagus sehingga dua tahun ini, kita bekerja sama dengan DKP menghadirkan perpustakaan keliling di TPA,” ujarnya.

Hatta menambahkan, masyarakat tidak perlu khawatir dan bosan akan koleksi buku di perpustakan keliling karena setiap dua minggu sekali koleksi buku di perpustakaan akan diganti. Di perpustakaan keliling, masih kata Hatta, ada dua ribu judul buku. Sementara koleksi buku di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Mojokerto sendiri saat ini sebanyak 42 ribu judul.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar