Home / Sosok / Ibu Sochani Sosok yang Terus Memasyarakatkan Perpustakaan

Ibu Sochani Sosok yang Terus Memasyarakatkan Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Ibu Sochani Sosok yang Terus Memasyarakatkan Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Sejak kecil, sosok perempuan berjilbab ini sudah mencintai Perpustakaan. Bahkan, di saat remaja pun ia bercita-cita untuk menjadi pengelola Perpustakaan. Ia pun sangat antusias untuk mengembangkan dan memasyarakat perpustakaan, khususnya bagi anak-anak.

Cita-cita tersebut bisa tersalurkan ketika ia menjabat sebagai Kepala SDN Karangasem 04. Di sekolah inilah, ia bisa mewujudkan cita-citanya untuk membantu mengelola perpustakaan. Dan juga untuk menumbuhkan kebutuhan siswa akan hadirnya perpustakaan.

“Sebelumnya saya tidak ada kesempatan. Tapi tahun 2013 saya dipindah ke sini. Di sini sendiri sekolahnya sudah punya gedung, sudah punya buku dan ada pustakawannya pula. Jadi kami pun bersama-sama untuk memasyarakatkan Perpustakaan, biar siswa sendiri merasa butuh dengan keberadaan perpustakaan,” beber perempuan yang kerap disapa Bu Sochani ini ketika diwawancarai Radar Pekalongan, Kamis (9/6).

Kesempatan tersebut pun tidak disia-siakan perempuan yang berdomisli di Sambong ini.

Bersama dengan guru dan pengelola perpustakaan, pihaknya membuat inovasi-inovasi baru untuk mengembangkan perpus. Berkat inovasi tersebut, pihaknya sempat menjadi juara 3 Lomba perpustakaan tingkat provinsi tahun 2015.

Dikutip dari radarpekalongan.com, [10/06/16]. Bu Sochani mengaku tanpa ada dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, cita-citanya untuk ikut mengelola perpustakaan pun mungkin tidak dapat terwujud. Selain bantuan dari dalam sekolah, banyak pihak yang juga membantu. Seperti dari pihak orang tua dan komite, dan dinas-dinas terkait.

“Alhamdulillah tahun lalu kami mendapatkan juara 3 perpustakaan tingkat provinsi. Menurut tim penilai sendiri sekolah kami memiliki inovasi sendiri untuk memasyarakatkan perpustakaan, seperti koin buku cerdas, infaq buku dan pemilihan duta baca buku. Itu semua kerja keras dan inovasi dari pengrurus perpus dsan guru, saya hanya mengkoordinasikan,” imbuhnya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar