Home / Berita Perpustakaan / Ikatan Pustakawan Indonesia Sumbang Buku di Masjid Tertua Lampung

Ikatan Pustakawan Indonesia Sumbang Buku di Masjid Tertua Lampung

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Ikatan Pustakawan Indonesia Sumbang Buku di Masjid Tertua Lampung.

Dunia Perpustakaan | Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Provinsi Lampung melalui Program IPI Peduli, selain memberikan pelatihan pengelolaan perpustakaan di 15 kabupaten/kota, IPI juga memberikan sumbangan buku ke perpustakaan-perpustakaan yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, IPI sudah banyak memberikan sumbangan buku baik ke perpustakaan sekolah, perpustakaan kampung, perpustakaan pondok pesantren, taman baca, dan kali ini kami menyumbangkan buku ke perpustakaan ke masjid tertua di Lampung, Masjid Jami Al-Anwar,” ujar Ketua Pengurus Daerah (PD) IPI Provinsi Lampung, Eni Amaliah, didampingi beberapa pengurus IPI Provinsi dan Komunitas Dakwah Cinta Buku Fakutas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Raden Intan Lampung di Perpustakaan Masjid Jami Al-Anwar, Telukbetung Selatan, akhir pekan kemarin.

Ia menjelaskan IPI tidak bekerja sendiri untuk memberikan sumbangan buku tersebut. Namun, mendapat bantuan buku dari beberapa penerbit nasional, para donatur, dan pemerhati perpustakaan. Kemudian, buku-buku tersebut dikumpukan dan menyumbangkan ke perpustakaan-perpustakaan yang membutuhkan.

Pengurus Perpustakaan Masjid Jami Al-Anwar, Asikin Nawawi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus IPI Lampung atas kepeduliannya untuk memajukan dan mengembangkan perpustakaan, khususnya yang ada di Lampung.

Dia berharap dengan bertambahnya koleksi buku di perpustakaan masjid tertua di Lampung yang dibangun sejak tahun 1888 ini semakin menambah koleksi perpustakaan masjid dan dimanfaatkan secara baik oleh para jemaah.

Eni menambahkan komitmen untuk menjadikan perpustakaan sebagai sarana mencerdaskan umat dirasakan penting dewasa ini. Komitmen tersebut harus diwujudkan dengan keberpihakan pemerintah, tokoh masyarakat, dan seluruh pemangku kepentingan kepada pengembangan dan pemberdayaan perpustakaan.

Dikutip dari lampost.co, [29/05/16]. Begitu pula dengan perpustakaan masjid memiliki potensi yang sangat besar bagi upaya mencerdaskan umat. “Umat yang cerdas adalah mereka yang sadar informasi dan mampu mengelola informasi dengan baik,” kata dia.

Menurut Eni, umat Islam harus dibangun kesadarannya untuk menemukan informasi dari sumbernya yang autentik. Di samping itu, mereka juga harus dibekali dengan kemampuan untuk memahami informasi-informasi penting secara komprehensif dan multiperspektif.

Semua hal tersebut akan terwujud ketika perpustakaan yang berbasiskan masyarakat, seperti perpustakaan masjid, dapat berfungsi dengan baik guna mewujudkan komunitas belajar.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar