Home ::: Berita Perpustakaan ::: Ingin Tingkatkan Budaya Literasi, 10 MicroLibrary akan Dibangun di Bandung

Ingin Tingkatkan Budaya Literasi, 10 MicroLibrary akan Dibangun di Bandung

Ingin Tingkatkan Budaya Literasi, 10 MicroLibrary akan Dibangun di Bandung!

Dunia Perpustakaan | MicroLibrary | Salut dengan konsistensi Ridwan Kamil untuk terus menambah dan memperbanyak MicroLibrary di Bandung.

Sebagai Walikota memang sudah seharusnya melakukan hal seperti ini, karena dengan cara itulah diharapkan masyarakat akan jauh lebih suka membaca.

Selama ini banyak pihak selalu menyalahkan masyarakat dan menuduh jika minat baca masyarakat rendah.

Padahal pihak-pihak tersebut tidak berupaya menyediakan fasilitas perpustakaan yang nyaman, yang lengkap, fasilitas internet, dan berbagai fasilitas penunjang lain supaya masyarakat suka membaca.

Hal yang sudah tepat tentunya yang dilakukan oleh Walikota Ridwan Kamil ini. Karena dirinya sadar betul bahwa untuk meningkatkan budaya baca maasyarakat, maka tempat-tempat penunjang seperti perpustakaan wajib dibangun.

Sebelumnya, pihak Pemerintah Kota Bandung juga sudah membangun beberapa Microlibrary di beberapa lokasi.

Apakah diantara kalian ada yang belum pernah mendengar Microlibrary yang ada di Bandung?

Jika belum silahkan baca tulisan terkait di bawah ini.

[Baca Juga: Micro Library, Perpustakaan Unik di Bandung yang Terbuat dari 2.000 Ember Bekas Es Krim]

Ada kabar baik terkait dengan Microlibrary yang ada di Bandung ini. Kabar baik tersebut dikarenakan pada tahun ini pihak Walikota Bandung akan menambah sekitar 10 Microlibrary di wilayah Bandung.

Dikutip dari fokusjabar.com [31/1/2017], diberitakan jika sepuluh Microlibrary baru akan hadir di Kota Bandung dan akan disebar di setiap kecamatan.

Pembangunan Microlibrary ini didanai oleh bantuan fasilitasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat senilai Rp11 miliar.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menuturkan, lokasi untuk penempatan microlibrary tersebut masih dalam pembahasan dan akan ditentukan pada pekan ini.

Lokasi pendirian Microlibrary sendiri harus dibangun di atas tanah milik pemerintah kota.

“Belum dihitung karena masih kita survey. Tanahnya harus punya pemkot dan tempatnya di lokasi yang padat penduduk serta banyak anak-anak,” ujar wali kota yang akrab disapa Emil di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum Kota Bandung, Selasa (31/1/2017).

Selain sepuluh perpustakaan mini, lanjut Emil, dalam waktu dekat akan dibangun sebanyak empat microlibrary di empat lokasi. Keempat Microlibrary tersebut pun sudah memiliki desain yang dibuat unik dan diharapkan menarik minat masyarakat untuk datang ke perpustakan.

“Kita ingin meningkatkan budaya literasi, budaya membaca, tapi dengan konsep jemput bola. Yang salah satu upayanya dengan memperbanyak perpustakaan-perpustakaan yang unik dan keren di wilayah-wilayah padat penduduk,” terangnya.

Keempat lokasi microlibrary yang akan segera dibangun yakni di Alun-Alun Bandung, Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong, Taman Lansia, dan Taman Tegalega.

Untuk tiap lokasi, akan dirancang sedemikian rupa sehingga fungsinya tidak hanya sekadar perpustakaan namun juga menjadi ruang kegiatan masyarakat.

Untuk pembangunan perpustakaan tersebut, akan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan. Seperti Pertamina, Telkomsel, Manila Water, dan Bank BJB.

“Pemerintah Provinsi pun memfasilitasi bantuan dengan nilai sekitar Rp3 milyar untuk membangun Taman Bacaan Masyarakat dan perpustakaan di Mall. Dan akan digunakan setelah proses administrasi selesai,” tegasnya.

Sebelumnya, Pemkot Bandung telah membangun Microlibrary di Jalan Bima. Konsep tersebut merupakan yang pertama di Indonesia hasil karya SHAU Architecture.

“Jadi jika ditambah dengan pembangunan Microlibrary saat ini, total Kota Bandung pada tahun ini akan memiliki 15 Microlibrary yang bisa digunakan masyarakat,” pungkasnya.

Tentang Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Mungkin Anda Ingin Baca Tulisan ini Seperti Pengunjung yang Lain?

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan!

Angkutan Umum di Tangerang akan Dilengkapi Perpustakaan! Dunia Perpustakaan | Tahukah anda bahwa, sebagaimana keburukan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *