Home ::: Berita Perpustakaan ::: Inilah Perpustakaan di Bandung yang Menarik Perhatian Dunia
gambar: ArchDaily.com

Inilah Perpustakaan di Bandung yang Menarik Perhatian Dunia

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Inilah Perpustakaan di Bandung yang Menarik Perhatian Dunia!

Dunia Perpustakaan | Micro Library | Bandung | Jangan selalu mencoba mencari referensi bentuk perpustakaan dari luar negeri, karena ternyata beberapa perpustakaan di Indonesia juga sudah mampu menjadi perhatian dunia.

Salah satunya yaitu perpustakaan unik yang ada di Bandung bernama Micro Library.

Perpustakaan Mini ini berdiri atas swadaya masyarakat yang diprakarsai pemerintah daerah. Dindingnya yang unik terbuat dari limbah es krim yang telah dikumpulkan oleh warga.

Dengan bantuan dompet dhuafa dan dua arsitek asing, yakni Daliana dan Florian Heinselmann dari Shau Architecture dari Belanda, jadilah sebuah perpustakaan mungil, namun unik.

Pembangunan perpustakaan dari limbah plastik bekas es krim yang berdiri diatas tanah seluas 100 meter persegi itu dibangun dalam waktu 3  bulan. Bangunan ini memiliki 2 lantai, lantai atas difungsikan untuk ruang perpustakaan serta di bagian bawah difungsikan sebagai ruang serbaguna.

[BACA JUGA: Micro Library, Perpustakaan Unik di Bandung yang Terbuat dari 2.000 Ember Bekas Es Krim]

Alih-alih menyumbat saluran air, plastik justru membantu membuat perpustakaan kecil di Bandung ini terlihat menakjubkan.

Perpustakaan kecil yang dibuka pada Juli lalu itu telah menarik perhatian dunia tidak hanya melalui persediaan buku-bukunya tetapi juga untuk desain cerdiknya.

Dinding-dinding pada perpustakaan ini dibuat menggunakan ember es krim.

Sang arsitek, Florian Heinzelmann dari firma arsitektur Belanda Shau menciptakan apa yang dia sebut sebagai “micro library” atau perpustakaan mini seluas 159,8 meter persegi.

Dia memanfaatkan 2.000 ember plastik untuk membangun dinding perpustakaannya.

“Perpustakaan ini ada di Taman Birma yang merupakan tempat komunal bagi orang-orang untuk bergaul dan membaca,” kata Heinzelmann seperti dikutip dari kompas.com [22/11/16].

Selain meningkatkan literasi di Indonesia, Heinzelmann juga berharap agar perpustakaan ini mampu menumbuhkan kesadaran lingkungan masyarakat.

Hal itu diharapkannya lantaran beberapa pantai dan saluran air telah banyak tercemar serta tersumbat akibat meningkatnya sampah plastik.

Meskipun tidak jelas bagi pengunjung biasa atau orang yang meihatnya, dinding ember es krim ini sebenarnya membentuk kode biner dari kalimat “buku adalah jendela dunia,”.

Bagian bawah ember menandakan angka satu sementara ujung lainnya mewakili nol.

Ditempatkan di antara tulangan baja vertikal, ember yang ditata sedemikian rupa ini berfungsi untuk mengusir air hujan.

Selain itu karena tidak terlalu buram, dinding ember ini membuat pembaca mendapatkan cahaya matahari alami dan juga mampu mengoptimalkan ventilasi alami.

Perpustakaan ini berada di lantai pertama dan dapat diakses oleh tangga di samping lantai dasar yang bisa digunakan untuk berbagai fungsi komunal.

Semoga saja perpustakaan di Indonesia kedepan dibangun dengan konsep yang unik dan menarik, sehingga menjadikan perpustakaan menjadi daya tarik tersendiri.

Namun tentunya selain bentuk fisik yang unik dan menarik, sebuah perpustakaan harus juga ditopang oleh para pustakawan dengan SDM terbaik, yang mampu merayu masyarakat untuk rajin dan “kecanduan” berkunjung ke perpustakaan.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *