Home / Berita Perpustakaan / Kabupaten Gianyar Miliki Ratusan Unit Perpustakaan
Ilustrasi [foto: desaincantik.com]

Kabupaten Gianyar Miliki Ratusan Unit Perpustakaan

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Kabupaten Gianyar Miliki Ratusan Unit Perpustakaan.

Dunia Perpustakaan | Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Gianyar, Bali, mencatat di daerah tersebut kini memiliki 449 unit perpustakaan. Sebanyak 369 unit perpustakaan di antaranya adalah perpustakaan sekolah.

“Sekolah yang telah memiliki perpustakaan terdiri atas sekolah dasar (SD) 292 unit perpustakaan, SMP 48 unit dan SMA/SMK 29 unit,” kata Kepala KPAD Kabupaten Gianyar Hery Nurhanchoko pada Lokakarya Perpustakaan di Gianyar, seperti dilansir Antara, Selasa (8/16).

Ia mengatakan, di Kabupaten Gianyar selain perpustakaan sekolah juga terdapat perpustakaan desa sebanyak 70 unit dan masing-masing satu unit perpustakaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gianyar, Kantor DPRD, Denzipur, di Istana Kepresidenan Tampaksiring dan perpustakaan daerah.

Selain itu juga terdapat tiga unit perpustakaan keliling. Seluruh perpustakaan tersebut memiliki koleksi 685.429 judul buku dengan kunjungan mencapai 313.066 orang setiap bulannya.

Menurut Hery Nurhancoko, demi meningkatkan animo masyarakat ke perpustakaan dan membaca buku tersebut, Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola perpustakaan perlu ditingkatkan agar kedepan masing-masing perpustakaan dikelola dengan standar nasional perpustakaan.

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setda Gianyar, Cokorda Gede Agusnawa, ketika membuka Lokakarya Perpustakaan tersebut mengatakan tidak mungkin membatasi orang mencari informasi secara cepat lewat internet, karena hal tersebut sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang, namun untuk membiasakan kembali masyarakat membaca buku tentu memerlukan upaya dan kerja keras.

Salah satunya dengan membangkitkan kembali citra perpustakaan, katanya. Oleh sebab itu perpustakaan harus dikelola secara profesional dan wajib berpedoman pada standar nasional perpustakaan.

Standar tersebut meliputi standar koleksi buku, sarana prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga kerja, standar penyelenggaraan dan pengelolaan keuangan.

Dikutip dari okezone.com, [23/08/16]. “Jadi menggelorakan budaya membaca tidak hanya sebatas slogan saja, namun harus dibarengi dengan peningkatan SDM, maupun sarana dan prasarana pendukungnya,” ujar Cok Agusnawa.

Kegiatan lokakarya tersebut berlangsung sehari melibatkan 80 peserta yang terdiri atas pengelola perpustakaan SD, SMP, SMA/SMK, pengelola perpustakaan desa/kelurahan dan pengelola perpustakaan Istana Kepresidenan Tampaksiring.

Materi yang diberikan meliputi pengelolaan perpustakaan berbasis iptek dengan menggunakan perangkat komputer dan program bantuan ‘Perpuseru’ hasil kerjasama KPAD Kabupaten Gianyar dengan Perpustakaan Nasional.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar