Home ::: Berita Perpustakaan ::: Kantor Perpusda Tangsel Tambah Ribuan Koleksi Buku, Untuk Meningkatkan Minat Baca
ilustrasi

Kantor Perpusda Tangsel Tambah Ribuan Koleksi Buku, Untuk Meningkatkan Minat Baca

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Kantor Perpusda Tangsel Tambah Ribuan Koleksi Buku, Untuk Meningkatkan Minat Baca.

Dunia Perpustakaan | Sebanyak 2,086 judul buku baru memenuhi ruangan kantor Perpustakaan Daerah (Perpusda) Tangsel. Pertambahan buku tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016 ini.

Upaya penambahan jumlah buku yang mencapai ribuan judul tersebut, tak lain untuk meningkatkan minat membaca untuk masyarakat Tangsel. Apalagi, dalam penambahan buku-buku itu, akan ada koleksi judul buku menarik untuk di baca masyarakat.

Kalau koleksi di perpustakaan bagus, otomatis pengungjung juga banyak. Maka itu kami berupaya melakukan variasi judul buku bacaan, dengan target segala kalangan, mulai dari anak, remaja, dewasa hingga orangtua,” kata Kepala Perpusda Kota Tangsel, Chaerudin di Serpong, Dikutip dari sumber tangselpos.co.id pada [26/07/16].

Ia mengaku, penambahan koleksi buku ini bakal terus dilakukan hingga lima tahun ke depan. Targetnya, yakni penambahan 25 ribu judul buku untuk melengkapi 10 ribu judul buku yang saat ini sudah ada di perpustakaan.

“Jadi per tahun kita tambah 5.000 judul buku. Ini untuk mewujudkan Kota Tangsel yang sesuai motonya, terutama Cerdas. Dengan membaca, masyarakat menjadi lebih banyak pengetahuan,” tandasnya.

Kasie Pengolahan dan Pengembangan Bahan Pustaka pada Perpusda Tangsel Nuskah mengatakan, tahun ini akan menambah koleksi sebanyak 2086 judul. Adapun tahun sebelumnya jauh lebih banyak yakni 2574 judul.

“Tahun lalu kami beri bantuan ke 25 kelurahan, masing-masing mendapat bantuan 381 eksemplar. Untuk tahun ini hanya ada tujuh kelurahan yang mendapat bantuan buku, termasuk rak bukunya,” tandasnya.

Ia menambahkan, keberadaan perpustakaan di kelurahan sangat penting. Pasalnya, perpustakaan kelurahan menjangkau langsung masyarakat di pelosok.
“Untuk perpustakaan kecamatan juga sudah ada. Semakin banyak perpustakaan, semakin baik untuk mendorong minat baca,” tandasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan buku bacaan di Kota Tangsel dalam lima tahun kedepan, Perpustakaan Daerah (Perpusda) Tangsel menargetkan menambah koleksi buku sebanyak 25 ribu.
Penambahan buku ini dilakukan untuk mencukupi rasio pembaca Tangsel dengan jumlah penduduk sebanyak 1,4 juta jiwa.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar