Home / Berita Perpustakaan / Keberadaan Perpustakaan di Desa Masih Sangat Minim
perpustakaan

Keberadaan Perpustakaan di Desa Masih Sangat Minim

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Keberadaan Perpustakaan di Desa Masih Sangat Minim.

Dunia Perpustakaan | Sebagian besar desa-desa di Kabupaten Kendal belum memiliki perpustakaan desa. Dari 266 desa, yang sudah memiliki perpustakaan hanya 83 desa.

Atas kondisi tersebut, Bupati Kendal dr Mirna Annisa sudah membuat surat edaran ke desa-desa agar mendirikan perpustakaan desa.

Hal itu dibenarkan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kendal, Toto Karyono. “Dalam waktu dekat akan memberikan sosialisasi kepada pihak desa tentang pentingnya perpustakaan desa terkait pendirian perpustakaan desa,” katanya saat gelar Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, kemarin.

Dilansir dari laman radarpekalongan.com, [03/09/16]. Toto berharap agar pihak desa mengalokasikan anggaran Dana Desa (ADD) untuk pengadaan perpustakaan desa. Seperti surat edaran dari bupati yang pernah disampaikan agar ditanggapi dengan positif.

Pasalnya, pengadaan perpustakaan desa diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing desa. “Dananya kan bisa diambil dari ADD,” terang dia.

Sementara Kabid pada Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jateng, Titi Rahayu, meminta agar ADD bisa disisihkan untuk pengadaan perpustakaan desa. Perpustakaan desa bisa diadakan di dekat PAUD supaya bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu yang sedang menunggu anak-anak di PAUD.

“Kalau ada perpustakaan, ibu-ibu sambil menunggu anaknya di sekolah kan bisa sambil baca buku,” kata dia.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar