Home ::: Berita Perpustakaan ::: Keberadaan Perpustakaan di Lamongan Masih Minim

Keberadaan Perpustakaan di Lamongan Masih Minim

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Keberadaan Perpustakaan di Lamongan Masih Minim.

Dunia Perpustakaan | Hanya ada dua kecamatan di Lamongan yang memiliki perpustakaan aktif. Yakni di Kecamatan Karangbinangun dan Ngimbang.

Padahal perpustakaan menjadi pendukung utama untuk memacu budaya literasi yang dinilai akademisi Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Satria Dharma sebagai kunci dari kemajuan sebuah bangsa.

“Poin Indonesia hanya 396 dalam skor membaca siswa untuk Program For Internasional Student Assessment (PISA) pada 2012. Masih terpaut jauh dengan Finlandia yang menempati peringkat tertinggi dengan skor mencapai 546,” terangnya dalam Sosialisasi Pengembangan Budaya Literasi, di Ruang Pertemuan Sabha Dyaksa Sekretaris Daerah Pemkab Lamongan, Selasa (26/4).

Untuk meningkatkan penilaian ini, terutama di Lamongan, pemkab menggandeng United States Agency for International Development (USAID). Karena seperti disampaikan Sekkab Lamongan Yuhronur Efendi, budaya literasi akan bisa menumbuhkembangkan budi pekerti.

Dikutip dari beritametro.co.id. “Budaya literasi harus disematkan sejak dini, karena dapat menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pemberdayaan ekosistem literasi sekolah.

Kegiatan ini agar diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah sehingga bisa menjadi pembelajaran sepanjang hayat,” katanya membuka acara.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsipd Daerah (BPAD) Hurip Tjahjono menyebutkan, dari 27 kecamatan memang hanya ada dua yang memiliki perpustakaan aktif.

“Sedangkan tiga kecamatan masih dalam proses pembentukannya, yaitu kecamatan Sukodadi, Mantup dan Babat,” ungkap Hurip.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *