Home / Berita Perpustakaan / Keren! Pemkot Pangkalpinang akan Buat Perpustakaan dari Badan Pesawat Terbang
Pemkot Pangkalpinang akan Buat Perpustakaan dari Pesawat Terbang (bangka.tribunnews.com)

Keren! Pemkot Pangkalpinang akan Buat Perpustakaan dari Badan Pesawat Terbang

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Keren! Pemkot Pangkalpinang akan Buat Perpustakaan dari Badan Pesawat Terbang.

Dunia perpustakaan | Untuk meningkatkan minat baca, sekaligus sebagai iconik baru bagi anak muda di Kota Pangkalpinang, Pemkot Pangkalpinang membuat inovasi baru dengan menghadirkan pesawat untuk dijadikan perpustakaan.

Tak main-main, pesawat yang akan dihadirkan adalah pesawat sungguhan yang sudah tak terpakai. pesawat tersebut akan dipindahkan lokasi parkirnya dari bandara di Jakarta ke Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang.

Dikutip dari medanbisnisdaily.com, [11/08/16]. “Saya akan hadirkan satu pesawat Boeing 737 seri 300 yang sekarang sudah tidak diterbangkan lagi. Saya hadirkan utuh pesawat itu, hidupkan AC-nya, diberi rak-rak buku dan pasang wi-fi gratis agar masyarakat juga dapat update informasi,” kata Irwansyah dalam acara Dialog Interaktif Gerakan Pangkalpinang Membaca di gedung Dharma Wanita PT Timah, Bukit Baru, Pangkalpinang, Babel.

Pria yang akrab disapa Wawan ini yakin dengan perpustakaan yang menarik, minat baca warga akan bertambah. Apalagi pesawat yang akan disulap menjadi perpustakaan itu adalah pesawat sungguhan, bukan replika. “Saya yakin anak-anak, bapak-ibu, apalagi yang belum pernah naik pesawat pasti akan bahagia karena itu pesawat asli,” kata mantan manajer Sriwijaya Air ini.

Wawan mengakui, menarik minat baca warga bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, pihaknya terus berupaya menciptakan inovasi-inovasi baru agar para warga gemar membaca. Selain pesawat, perpustakaan yang menarik dan atraktif juga akan dihadirkan di kawasan Pasir Padi Bay.

Kawasan ini berada tepat di tepi pantai Pasir Padi, yang merupakan pantai andalan Kota Pangkalpinang. Saat ini pembangunan Pasir Padi Bay masih berlangsung dan ditargetkan dapat mulai beroperasi pada 2017.

Gagasan Wawan ini mendapat reaksi positif dari para warga yang hadir dalam dialog interaktif tersebut. Para narasumber lain yakni Kepala Perpustakaan Nasional M Syarif Bando dan Duta Baca Indonesia Najwa Shihab juga mengapresiasi inovasi Pemkot Pangkalpinang ini. Mereka berharap agar rencana itu dapat segera terwujud. Sehingga nantinya, pergi ke perpustakaan akan sama menyenangkannya dengan pergi ke taman bermain.

“Mudah-mudahan cepat datang pesawatnya dan cepat dibuat perpustakaan, supaya murid-muridku senang membaca,” kata Rahmi, salah satu guru SD di Pangkalpinang yang hadir dalam dialog tersebut.

Acara ini juga disertai dengan penyerahan kartu perpustakaan secara simbolik kepada para pelajar di Pangkalpinang. Anak-anak yatim dari berbagai panti asuhan di Pangkalpinang diberikan hadiah berupa paket buku-buku bacaan.

Mereka tampak bersemangat menerima hadiah itu. Tak sedikit yang penasaran dengan isi buku dan langsung membukanya. Ada yang langsung asyik tenggelam menyelami isi buku, ada pula yang kembali merapikannya dan menyimak dialog.

Buku-buku yang diberikan memang menarik, salah satunya adalah buku berisi kumpulan cerita rakyat bertajuk ‘Kera dan Lutung Berebut Kelekak’. Buku ini ditulis oleh Akhmad Elvian yang merupakan Kadisbudparpora Kota Pangkalpinang.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar