Home ::: Berita Perpustakaan ::: Keren! SMAN 5 Malang Menyulap Tata Ruang Perpustakaan Bernuansa Cafe

Keren! SMAN 5 Malang Menyulap Tata Ruang Perpustakaan Bernuansa Cafe

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

-----------------------------------------------------------

Keren! SMAN 5 Malang Menyulap Tata Ruang Perpustakaan Bernuansa Cafe.

Dunia Perpustakaan | Untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca, SMAN 5 Malang menyulap tata ruang perpustakaan bernuansa kafe. Selain cat warna-warni, perpus ini dilengkapi fasilitas internet, komputer dan multimedia lainnya.

Pustakawan SMAN 5 Malang, Armia Hikmaturrachim mengatakan, dulu, lokasi perpustakaan SMAN 5 kurang strategis karena terletak di lantai dua. Setelah itu, Armia bersama guru lainnya memindahkan lokasi perpustakaan ke lantai satu.

Dikutip dari malangvoice.com, [24/08/16]. Dengan bantuan dana sponsor dari Ghoote University Jerman, SMAN 5 lantas membelikan fasilitas penunjang seperti televisi, komputer, bangku dan cat.

Tidak hanya tata ruang, perpustakaan SMAN 5 mempersilakan siswa menulis permintaan buku yang ingin disediakan. Telah tersedia 24.000 koleksi buku di perpustakaan SMAN 5 yang disiapkan dari 5 persen anggaran dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Koleksi buku itu tertata rapi dan terorganisir di rak-rak kayu.

“Jadi siswa bebas memilih bebas menulis permintaan buku. Kami akan berusaha siapkan novel-novel menarik,” kata Armia.

Terbukti saking nyamannya, jumlah pengunjung perpustakaan meningkat hingga dua kali lipat setiap tahunnya. “Tahun ini tercatat 19.000 pengunjung,” katanya.

Suasana Perpustakaan
                            Suasana Perpustakaan

 

Mengerjakan tugas di perpus
                   Mengerjakan tugas di perpus

 

Siswa santai di perpustakaan sembari bermain game
   Siswa santai di perpustakaan sembari bermain game

 

 

Armia mengatakan, fungsi buku tidak akan pernah tergantikan oleh gadget apapun. Perpustakaan beberapa kali ingin mencoba membuat format buku pelajaran dalam format digital, tapi ide itu tidak disambut baik oleh siswa.

“Bagaimanapun, siswa ternyata lebih suka membaca di perpustakaan atau membaca buku langsung. Gadget hanya untuk mencari informasi cepat saja,” katanya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *