Home / Berita Perpustakaan / Kondisi Perpustakaan Kota Banjarmasin Memprihatinkan dan Tidak Layak!
Kondisi perpustakaan kota banjarmasin |gambar: radar banjarmasin

Kondisi Perpustakaan Kota Banjarmasin Memprihatinkan dan Tidak Layak!

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Kondisi Perpustakaan Kota Banjarmasin Memprihatinkan dan Tidak Layak!

Dunia Perpustakaan | Jika pustakawan dan para penanggungjawab atas penentu kebijakan perpustakaan terus fokus perbaiki fasilitas dan layanan untuk perpustakaan, mungkin mereka tidak akan sempat untuk menyalahkan dan mengatakan minat baca masyarakat rendah.

Hal tersebut dikarenakan secara faktanya, masih banyak perpustakaan yang dikelola dengan sangat minim. Akibatnya masyarakat jadi malas datang ke perpustakaan.

Salah satu contohnya adalah konndisi di perpustakaan Kota Banjarmasin.

Salah satu pengunjung bernama Resza, salah seorang mahasiswa mengaku jengah melihat kondisi perpustakaan milik Kota Banjarmasin. Ia mengaku kondisi perpustakaan yang ada kurang memenuhi keperluan untuk mendapatkan buku yang berkualitas dan ia perlukan.

“Perpustakaan seakan dikelola seadanya dan buku-buku yang mahasiswa perlukan minim sekali,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Radar Banjarmasin prokal.co.

Melihat kondisi tersebut, ia berpendapat bahwa perlu adanya pembuatan gedung perpustakaan yang representatif untuk Banjarmasin.

Kondisi ruangan yang terlalu kecil dan berada di eks kantor  bangunan Dinas Catatan Sipil yang terbengkalai itu membuat ia enggan untuk datang ke tempat tersebut. “Mending aku cari di perpustakaan daerah,” ujarnya.

Akhmad Husaini, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarmasin, angkat bicara mengenai permasalahan ini.  Menurutnya, hal itu dikarenakan ia baru beberapa bulan menjabat sebagai kepala perpustakaan.

Ia berjanji akan terus berusaha melakukan pembangunan perpustakaan di Kota Banjarmasin. “Ini kita baru membenahi kantor yang terlihat tidak layak,” ujarnya.

Untuk pembangunan gedung perpustakaan, ia menuturkan,  akan dilakukan pada awal tahun 2018.  Akhmad memang sedang merencanakan bangunan perpustakaan baru. “Letaknya di Banjarmasin Selatan, eks Kantor Camat Banjarmasin Selatan,” tuturnya.

Tahun 2017, ia dan timnya akan melakukan perencanaan ide terhadap perpustakaan tersebut. “Anggaran juga akan direncanakan,” tuturnya.

Mengenai nominal anggaran, ia tidak berbicara soal itu karena masih dalam tahap perencanaan.

Mursidi, salah seorang pustakawan yang berada di perpustakaan tersebut mengatakan, pihak pengelola perpustakaan juga terus menggenjot pengadaan buku-buku baru di perpustakaan ini. “Saat ini sudah ada kurang lebih 14 ribu buku,” ujarnya.

Mengomentari banyaknya masyarakat yang merasa buku yang dicari tidak ada di perpustakaan tersebut, Mursidi mengakui benar adanya. “Kita akan terus melakukan survei kepada masyarakat terkait kebutuhan buku seperti apa yang mereka perlukan,” ujarnya.

About Dunia Perpustakaan

Profile photo of Dunia Perpustakaan
DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar