Home ::: Berita Perpustakaan ::: Kondisi Perpustakaan Sekolah Masih Memprihatinkan

Kondisi Perpustakaan Sekolah Masih Memprihatinkan

Kondisi Perpustakaan Sekolah Masih Memprihatinkan.

Dunia Perpustakaan | Keberadaan perpustakaan sekolah di Kabupaten Kendal masih banyak dalam kondisi yang memprihatinkan. Hal ini terlihat dari adanya perpustakaan sekolah di SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, secara umum keadaannya belum memadai.

Bahkan, masih banyak sekolah yang belum memiliki fasilitas perpustakaan. Demikian disampaikan Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Kendal, Toto Karyono.

Dikatakan, dari sekitar 600 SD yang ada di Kabupaten Kendal, rata-rata masih banyak yang belum memiliki perpustakaan. Sedangkan untuk tingkat SMP, sudah banyak yang dilengkapi fasilitas perpustakaan.

Hanya saja, koleksi bukunya rata-rata masih berupa buku-buku paket pelajaran. Ditambah lagi, banyak pengelolaannya yang dinilai masih belum bagus.

“Karena koleksi bukunya yang hanya berupa buku-buku paket pelajaran, maka jarang dikunjungi para siswa. Kami juga tidak bisa memberikan bantuan buku karena keterbatasan anggaran. Selain itu, sebenarnya hal tersebut merupakan ranah dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kendal,” ujarnya.

Menurut Toto, sapaan sehari-harinya, tahun ini pihaknya sedang fokus melakukan pembinaan perpustakaan di beberapa SMP yang ada di Kabupaten Kendal, baik negeri maupun swasta. Pembinaan lebih difokuskan dalam hal pengelolaan perpustakaan.

Dikutip dari radarpekalongan.com, [27/04/16]. “Pengelolaan perpustakaan yang baik, diharapkan akan membuat perpustakaan semakin ramai dikunjungi para siswa. Setidaknya ada 40 perpustakaan SMP yang akan kami lakukan pembinaan tersebut,” katanya.

Selain itu, di tahun ini pihak KPAD Kendal tengah mencoba mengajak anak-anak TK, untuk mencintai keberadaan perpustakaan.

Salah satu caranya, dengan mengajak anak-anak TK datang ke KPAD Kendal, guna belajar di ruang perpustakaan. Setiap harinya secara bergilir, pihak KPAD akan menjemput anak-anak TK untuk datang ke kantor tersebut.

“Untuk tahap awal, kami akan menjemput anak-anak TK yang lokasinya terdekat terlebih dahulu, misalnya saja TK di wilayah Kendal Kota. Nantinya, akan diupayakan hal ini untuk diberlakukan ke seluruh TK yang ada di Kabupaten Kendal ini,” pungkasnya.

Tentang Penulis: Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV Dunia Perpustakaan GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *