Home / Berita Perpustakaan / Kurangnya Pengelolaan dan Pemberdayaan, Gedung Perpustakaan di Depok Minim Pengunjung

Kurangnya Pengelolaan dan Pemberdayaan, Gedung Perpustakaan di Depok Minim Pengunjung

Ingin publikasi GRATIS kegiatan perpustakaan, TBM, sudut baca, dan aktivis kegiatan literasi lainya, Artikel, Makalah, dll segera hubungi kami DISINI!

Khusus pegiat literasi dan pustakawan yang ingin punya akun khusus disini, segera hubungi WhatsApp kami: 08586 8080 173

Kurangnya Pengelolaan dan Pemberdayaan, Gedung Perpustakaan di Depok Minim Pengunjung.

Dunia Perpustakaan | Minimnya minat masyarakat terhadap perpustakaan umum milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang telah direnovasi sejak periode. Nur Mahmudi Ismail pada waktu itu, menjadi salah satu persoalan yang harus segera ditindaklanjuti oleh seluruh pihak terkait dalam mencerdaskan masyarakat dan generasi penerus kota.

Guna mengatasi hal tersebut perlu adanya invoasi dari pemerintah setempat atas apa yang dimilikinya seperti menyelenggarakan kegiatan positif di tempat tersebut sehingga dapat memancing kembali minat masyarakat untuk membaca buku. Selain masyarakat, generasi penerus seperti siswa siswi sekolah juga perlu didorong dan dibiasakan untuk membaca sehingga dapat memperluas ilmu pengetahuan.

Pegawai Perpustakaan Kota Depok, Desi Noviyanti mengungkapkan bahwa dirinya selama bekerja di tempat tersebut mengaku kerap kedatangan pengunjung dari kalangan pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja, namun untuk tingkatan yang lebih diatasnya jauh dari kata banyak. Meski demikian, jumlah pengunjung yang datang pun juga masih jauh dari jumlah yang diharapkan.

Mengutip dari sumber hariandepok.com, [26/07/16]. Menurut informasi yang didapatkan, bahwa jumlah pengunjung gedung perpustakaan kota Depok pada saat hari hari biasa mampu tembus hingga 20 sampai dengan 30 orang. Namun jumlah tersebut dapat bertambah pada saat hari libur yang bisa mencapai 40 sampai dengan 50 orang pengunjung.

Minimnya jumlah peminat dan pengunjung perpustakaan diduga disebabkan oleh maraknya penggunaan perangkat canggih dan modern yang kini amat sangat digandrungi oleh kebanyakan orang termasuk kaum remaja dan para mahasiswa yang kerap mencari bahan atau informasi tentang kuliahnya dari internet yang mudah dan dapat digunakan kapanpun.

Selain daripada itu, kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap pengelolaan dan pemberdayaan perpustakaan yang kini masih dianggap belum optimal dalam pengoperasiannya menjadi penyebab masih rendahnya minat masyarakat terhadap perpustakaan yang ada.

Oleh sebab itulah perlu adanya langkah langkah serius dari pemerintah setempat dalam mengelola sarana dan prasarana yang ada seperti gedung perpustakaan yang telah selesai direnovasi sejak periode Nur Mahmudi Ismail masih menjabat sebagai Walikota Depok yang telah menghabiskan dana anggaran cukup besar dalam pembangunannya.

About Dunia Perpustakaan

DuniaPerpustakaan.com merupakan salah satu portal berita dan informasi yang dimiliki CV DP GROUP yang berisi terkait dengan semua informasi bidang ilmu perpustakaan. Didalamnya membahas terkait dengan Software Perpustakaan, Lowongan Kerja untuk Pustakawan, Profile Perpustakaan di dalam negeri dan luar negeri, Sosok Inspirasi terkait Pustakawan dan pejuang literasi, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar